Konstruksi Teori Dan Etika Konsumsi Islami Sebagai Manifestasi Pemikiran Ekonomi Monzer Kahf

Muhammad Rizal Hidayat, Ihsan Ramadhani, Nurul Huda

Abstract

Suatu mekanisme ekonomi yang berlaku di tengah masyarakat memberi kemudahan bagi kita untuk memilih barang dan jasa yang tersedia. Kita juga melakukan penilaian terhadap pilihan barang dan jasa yang tersedia dengan pertimbangan tertentu dan kesadaran penuh. Tokoh pemikir muslim kontemporer seperti Monzer Kahf mampu mengemukakan fungsi kesejahteraan, utilitas, dan optimalisasi konsumsi yang berlaku untuk seorang muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain konstruksi teori dan etika konsumsi Islami berdasarkan pemikiran ekonomi Monzer Kahf. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dan informasi yang digunakan bertumpu pada sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan adalah studi literatur, sementara teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Prosedur ilmiah yang disusun dalam penelitian ini terdiri atas : 1) Kajian tematik pemikiran ekonomi Monzer Kahf, 2) Pembuatan konstruksi teori dan etika konsumsi Islami, 3) Penentuan variabel dan indikator yang tepat, dan 4) Aplikasi konstruksi teori dan etika konsumsi Islami.

Full Text:

PDF

References

Chapra, U. (1996). Islam dan Pembangunan Ekonomi. Kuala Lumpur : International Institute of Islamic Thought.

Choudhury, M. A. (1980). Contributions to Islamic Economics Theory. London : MacMillan Publisher.

Frank, R. H. (2003). Microeconomics and Behavior 5th Edition. New York : McGraw Hill Publisher.

Ghazanfar, S. M. & Islahi, A. A. (1990). Economics Thought of An Arab Scholastic. Durham : Duke University Press.

Hamid, A. (2018). Teori Konsumsi Islam dalam Peningkatan Ekonomi Umat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 3 (2) : 204-216.

Hasanuzzaman, M. (1984). The Economic Functions of The Early Islamic State. Karachi : International Islamic Publisher.

Hirshleifer, J & Hirshleifer, D. (1998). Price Theory and Applications 6th Edition. New Jersey : Prentice Hall Publisher.

Irham, M. dkk. (2022). Perbandingan Teori Konsumsi Irving Fisher, M. A. Mannan, dan Monzer Kahf. Edunomika. 6 (2) : 1-15.

Karim, A. A. (2018). Ekonomi Mikro Islami Edisi Kelima. Depok : Rajawali Pers.

Mankiw, N. G. et. al. (2012). Pengantar Ekonomi Mikro Edisi Asia Volume 1. Terjemahan dari Principles of Economics, An Asia Edition Volume 1. Penerjemah : Barlev Nicodemus Hutagalung. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Mannan, M. A. (1998). Teori dan Praktik Ekonomi Islam. Yogyakarta : Penerbit Dana Bhakti Wakaf.

Mas’ud, F. (2017). Manajemen Bisnis Berbasis Pandangan Hidup Islam. Semarang : Penerbit Undip Press.

Miller, R. L. (1991). Economics 7th Edition. New York : Harper Collins Publisher.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Narbuko, C. & Achmadi, A. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Nicholson, W. (1995). Microeconomics Theory 6th Edition. Illinois : The Dryden Press.

Nurbaeti, A. (2022). Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Azminar : Jurnal Perbankan Syariah. 2 (1) : 15-27.

Siddiqi, M. N. (1972). Some Aspects of The Islamic Economics. Delhi : Islamic Markazi Maktaba Institute.

Terry, G. R. (1977). Principles of Management. Illinois : Richard D. Irwin Publisher.

Varian, H. R. (1984). Microeconomics Analysis 2nd Edition. New York : W. W. Norton & Company.

Yuliadi, I. (2007). Ekonomi Islam Filosofi, Teori, dan Implementasi Edisi Revisi. Yogyakarta : Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Zakiah, S. (2022). Teori Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. 2 (2) : 180-194.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
echo 'slot gacor