Implementasi Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Virus Sapi

aminatus - solikhah

Abstract

ABSTRAK
Fenomena virus yang melanda pada hewan ternak sapi menimbulkan kelangkaan daging di pasaran. Selain itu juga menimbulkan keragu-raguan para konsumen untuk membeli makanan yang asal bahannya dari daging. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek jika penjual bakso atau rumah makan dalam produksi ataupun jual belinya menerapkan Etika Bisnis Islam dalam masa pandemic sapi yang baru-baru ini terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif menggunakan studi literatur serta meresume hasil riset sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi lapangan terhadap pelaku bisnis penjual bakso dan rumah makan di daerah Grati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi yang dilakukan dalam bisnis syari'ah Islam di bidang usaha mikro penjual bakso atau rumah makan pada masa pandemi sapi. Hasilnya menunjukkan bahwa para penjual bakso dan rumah makan di daerah grati telah menggunakan etika bisnis islam dalam proses produksinya, sehingga para penjual bakso dan rumah makan di daerah grati banyak yang tutup sementara, dikarenakan stok daging langkah dan harganya tinggi. Pelaku usaha telah memahami dan mengimplementasikan prinsip atau nilai-nilai Islam dengan berlandaskan kepada Al-Qur'an dan Hadits. Implementasi etika bisnis Islam ini meliputi lima aspek yaitu, Kesatuan (Tauhid/unity), (Keseimbangan Equilibrium/adil), (Kehendak Bebas/free will), (Tanggung Jawab/responsbility), dan (Kebenaran, Kejujuran/truth honesty).
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Usaha Kecil, analisis deskriptif

Keywords

Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Usaha Kecil, analisis deskriptif

Full Text:

PDF

References

Alyas, F. D., Hardjanto, l., &Hayat, A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi kasus pada usaha mebel furniture0. Jurnal Sosiohumaniora, 19(2), 114-120.

Ardiana, l., Brahmayanti, l., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnhya Terhadap Kinerja UMKM di Surabaya. Jurnal Manajemen DAN Kewirausahaan, 21(10, 42-55.

Abdul Mannan, dan Inayah Swasti Ratih (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mikro Mebel/ UMKM. Jurnal Ekonomi Islam.

Abdullah, Ma’ruf, 2011. Wirausaha Berbasis Syariah. Banjarmasin. Antasari press. Ariani, & Utomo, M. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (UMKM) di Kota Terakan. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-25.

Afzalurrahman. 1996. Muhammad sebagai Seorang pedagang. Jakarta:Yayasan Swarna Bhunny. Amalia, Fitri. 2014. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasikan pada pelaku usaha kecil. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economic, 6(10, 133-142.

Abdul Aziz, Etika Bisnis PersepektifIslam, Bandung: Alfabeta,2013

Ambarsari, W., V. D. Y. B ismadi ,A. Setiadi. 2014. Analisis pendapatan dan profitabilitas usahatani padi (Oryza sativa, I.) di kabupaten Indramayu. J. Agri Wiralodra. 6(2): 19-27.

Baidowi, Aris. 2011. Etika Bisnis Persepektif Islam. JHI, Volume 9, Nomor 2, Desember 2011 Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Jakarta: Kanisius

Donald, G.Gardner, Linn Vann Dyne, & Jon L. Pierce. 2004.”The Effect of Pay Level on Organization-Based Self Esteem & Performace: Afield Study “. Journal of Occupational and Organizional Psycology, Vol. 77. P.307- 322.

Fadhilah Ramadhani, Yaenal Arifin. 2013. Optimalisasi Pemanfaatan Informasi Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-commerce sebagai media Pemasan Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Dalam jurnal Economics Devolepment Analysys Journal.Edaj 2

Fauroni, Lukman, 2003. ‘’Rekonstruksi Etika Bisnsi : Persepektif Al Qur’an”, Journal IQTISAD, Journal of Islamic Ecomomics, Vol, 4 No. 1, Maret 2003

Harris, L.C. & M.M.H. Good. 2010. Online Servicescapes, trust, and purchaseintentions. Journal of Services Marketing, Vol.24 No. 3,pp.230-43. Hakim, R., & E. 2013. Business As Al-Amanah And The Responsibilites of Islamic Business Managemens. La_Riba,6(2), 199-210.

Jenkins, G. D., Mitra , A., Gupta, N., & Shaw, J. D. 1998.Are financial incentivesrelated bto performace? A meta-analytic review of empirical research. Journal of Applied Psychology,83,777-787.

Johan Arifin, Etika Bisnis Islam, (Semarang : Walisongo Press, 2013), h.154.

KH. Aceng Zakaria, Etikas Bisnis Islam, (Jakarta: Penerbitan Ibnu Azka,2012), h.24. Lee,j.,et.al. 2011. The different effects of online consumer reviews on consumers’ purchase intentions depending on trust in online shopping malls: an advertising perspective, Internet Research, Vol. 21 No. 2, pp. 187-206.

Manullang, M. 2002. Pengantar Bisnis, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Muhammad, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 2004

Ratih, I. S., Ridho, Z., & Aisyah, S. (2020). Etika bisnis islam dalam manajemen bisnis kuliner. 1(2), 173–187.

QS Al-Isra : 35

Sunariani, I., Suryadinata, A., & Mahaputra, I.(2017) Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah manajemen dan Bisnis, 2(1), 1-20.

Sumadi, S. (2021, December). Dinamika Transformasi UMKM Di Era Digitalisasi Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (Vol. 4, No. 1, pp. 119-127).

Tulus T.H. Tambunan. (2002).Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta; Penerbit Salemba Empat.

Veithzal Rivan dkk Islamic Business and economic Ethics, (Jakarta,Bumi Aksara, 2012), h 3

Wismiarsi, Tri . 2008. Hambatan Ekspor UKM Indonesia: Penerbit Buku Kompas.

Yusanto, Muhammad Ismail, dan Muhammad Kerebet Widjajkusuma, 2002, Menggagas Bisnis Islami:, Jakarta: Gema Insani Pres

Refbacks

  • There are currently no refbacks.