Pemikiran Ekonomi Kerakyatan Muhammad Hatta Dalam Prespektif Ekonomi Islam

Wulan Wulandari, Asyari Hasan

Abstract

Mohammad Hatta merupakan tokoh proklamator yang juga sebagai peletak dasar-dasar demokrasi dan ekonomi di dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hatta sangat aktif memberikan masukan-masukan terkait konsep ekonomi, sekurang-kurangnya Hatta memberikan masukan terkait nilai fundamental ekonomi yang hendak dibangunnya yaitu nilai kepemilikan, nilai keadilan dan kebersamaan serta nilai persaudaraan. Pemikiran ekonomi Mohammad Hatta yang cukup dikenal yaitu ekonomi kerakyatan untuk membangun perekonomian rakyat, petani, nelayan dan lain-lainnya melalui koperasi. Pentingnya pembahasan yang lebih mendalam tentang konsep ekonomi yang ditawarkan Hatta karena pemikirannya memberikan signifikasi bagi perkembangan ekonomi, selain itu untuk mengetahui apakah nilai-nilai yang terkandung dalam pemikiran ekonomi Bung Hatta didasarkan pada konsep ekonomi islam. Metodologi yang digunakan dalam tulisan ini yaitu library research, dimana sumber yang digunakan adalah bahan-bahan pustaka berupa buku, skripsi, tesis, artikel jurnal. Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran ekonomi koperasi bung Hatta apakah sesuai dengan konsep ekonomi islam.

Keywords

People's Economy, Cooperatives, Islamic Economics.

Full Text:

PDF

References

yusuf, N., hasan, f., & lestari, f. a. (2019). pemikiran mohammad hatta tentang ekonomi syariah di indonesia. iain manado.

abbas, a. (2010). bung hatta dan ekonomi islam. jakarta: kompas media nusantara.

sumawinata, s. (2004). politik ekonomi kerakyatan . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

limbong, b. (2011). ekonomi kerakyatan dan nasionalisme ekonomi. Jakarta: Margareta pustaka.

awang, s. a. (2007). ekonomi kerakyatan sebagai jantung perekonomian indonesia. yogyakarta: UGM.

fitriani, r. (2019). pemikiran ekonomi islam ibn kaldun. unma.

akbar, & gufron. (2019). singkronisasi ekonomi pancasila dam ekonomi islam. M Asyarif Al Syariah.

fikri, yasin, & jupri. (2018). konsep pengelolaan koperasi pesantren untuk kesejahteraan eknonomi masyarakat. islamic economic.

ayuni. (2019). konsep ekonomi kerakyatan mohammad hatta dalam mewujudkan perekonomian indonesia yangs esuai dengan pancasila. skripsi mahasiswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.