THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY AND DIGITAL LITERACY ON NON-CASH TRANSACTION PREFERENCES
Abstract
Seiring dengan kemajuan zaman transaksi non-tunai dapat menjadi opsi dalam menggantikan transaksi tunai. Transaksi non-tunai harus didukung karena memiliki sejumlah dampak positif salah satunya mengurangi jumlah uang yang beredar di tengah masyarakat. Terdapat sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi preferensi transaksi non-tunai diantaranya pengikatan literasi keuangan dan literasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanotri terhadap 250 mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia berupa kota padang, Jakarta, Samarinda, dan Makassar. Data yang digunakan disebarkan melui kuisioner dengan skala likert 1-5 berisi setuju, sangat setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan variabel Financial Literasi dan Digital Literacy memiliki arah hubungan positif dan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Non-Cash Transaction Preferences.
Keywords : Digital Literacy, Financial Literacy, Non-Cash Transaction Preferences.
Full Text:
PDFReferences
REFERENCES
Abrar, U., & Isyanto, I. (2019). The Effect of Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Toward Employee Performance (A Study at PT. Urchindize Madura Branch). Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(2), 106–114.
Fortuna, E. B. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Edupsycouns Journal, 2(1), 14–18.
Fry, L. W. (2005). Spiritual leadership and army transformation: Theory, measurement, and establishing a baseline. The Leadership Quarterly, 16(5), 835. https://doi.org/https:// doi.org/10.1016/j.leaqua.2005.07.012
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program (IBM. SPSS). Univrsitas Dipenogoro.
Imam Gunawan. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
JISC. (2017). Developing digital literacies. JISC.
Kim, C., T. (2010). An empirical study of customers’ perceptions of security and trust in e-payment systems Applications, 9(1), 84–95. Electronic Commerce Research and Applications, 8(2), 84–95.
Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.
Kusumajati, D. A. (2014). Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan pada Perusahaan. Humaniora, 5(1), 62. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2981
Lexy J. Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Listfield, R. (1984). Modernizing payment systems in emerging economies. World Bank Publications, 23(1), 1336.
Mayangsari, M. (2020). Determinan Perilaku Keuangan pada Pelaku Umkm di Desa Ciherang Pondok Kabupaten Bogor. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 3(1), 55.
Muchtaram, K. M., Nugroho, A. P., & Suhasti, W. (2019). Peran Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Pembayaran Non Tunai : Perluasan Teori Technology Acceptance Model. Seminar Nasional Ekonomi Islam, October.
Muliati, M. (2021). Dampak pembayaran non tunai terhadap perekonomian indonesia. Inovasi, 17(January 2010), 466–475. Inovasi, 2(2), 466–475.
Nufus, H. (2011). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja PT. Putra Pertiwi. Fakultas Psikologi UIN Jakarta, 46(1), 27–34.
Rahayu. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital- Studi pada Generasi Z di Indonesia . Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 73–87. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.142682
Rahmawaty, A. (2016). Model Kepemimpinan Spiritual Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan di BMT se-Kabupaten Pati. IQTISHADIA Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 9(2), 276. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2.1732
Ramadanti, H. R. A. S. (2021). Perilaku, Analisis Generasi, Keuangan Cashless, Z Pada Manajemenupn. Jurusan Jakarta, 3(1), 51–52.
Ramadanti, H. R. A. S., Nawir, J., & Marlina. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Cashless Society Analysis of Financial Behavior of Generation Z on Cashless Society. Jurnal Visionida, 7(2), 96–109.
Rina Ridarana Sari. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Cashless Transaction Behavior. Valid Jurnal Ilmiah, 20(1), 78–87.
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.
Sarstedt, M., M. Ringle, C., Smith, D., Reams, R., & Hair Jr, J. F. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): A useful tool for family business researchers. Journal of Family Business Strategy, 5(1), 105–115.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Sholihah, K. (2016). Analisis Literasi Digital: Studi Pemanfaatan Jurnal Elektronik oleh Mahasiswa Magister Manajemen di Perpustakaan UKSW Salatiga. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 4(1), 55.
Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Merchant Di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 43–57.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954
Widyastuti, D. A. R. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1–15.
Yuliantari, K., & Prasasti, I. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LLDIKTI Wilayah III Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(1), 76–82. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7699
Yulianti, P. D., Suhariadi, F., Hadi, C., Surjaningrum, E. R., & Sugiharto, D. (2022). Spiritual Leadership dalam Organisasi : Faktor Pengaruh dan Arah Penelitian Masa Depan. Buletin Psikologi, 30(2), 298. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.65897
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() |
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||