ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER LENDING

A Ratna Sari Dewi, Eva Yuniarti Utami, Heri Setiawan, Alfiana Alfiana, Nurdjanah Hamid

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan layanan fintech peer to peer lending dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Condition. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Performance Expectancy mempunyai pengaruh positif terhadap minat masyarakat dalam menggunakan layanan peer to peer lending, sedangkan variabel Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition tidak mempunyai pengaruh positif terhadap minat masyarakat dalam menggunakan layanan Peer to Peer lending..
Kata Kunci: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition

Full Text:

PDF

References


Agustin, H., & Mulyani, E. (2018). Penerimaan dan Penggunaan Sistem E-Learning di Kalangan Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Padang: Kajian Empiris Berdasarkan Model UTAUT. Kemajuan Penelitian Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 57. http://e-learning.unp.ac.id

Amrullah, A., & Priyono, A. (2018). Integrasi aspek risiko dalam kesatuan teori penerimaan dan model penggunaan teknologi untuk menganalisis penerimaan teknologi go-ride. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 33. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.003

Angelina, C., & Aswin Rahadi, R. (2020). Kajian Konseptual Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan E-wallet di Jawa. Dalam Jurnal Internasional Akuntansi, Keuangan dan Bisnis (IJAFB). (Vol.5, Edisi 27).

APJII. (2020). Buletin APJII. Di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN APJII-EDISI-74---November-2020

Bagla, RK, & Sancheti, V. (2018). Kesenjangan dalam kepuasan pelanggan terhadap dompet digital: tantangan bagi keberlanjutan. Jurnal Pengembangan Manajemen, 37 (6), 442–451. https://doi.org/10.1108/JMD-04-2017-0144

Chang, CM, Liu, LW, Huang, HC, & Hsieh, HH (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemesanan Hotel Online: Memperluas UTAUT2 dengan usia, jenis kelamin, dan pengalaman sebagai moderator. Informasi (Swiss) , 10 (9). https://doi.org/10.3390/info10090281

Chang, SE, Shen, WC, & Yeh, CH (2017). Sebuah studi perbandingan niat pengguna untuk merekomendasikan konten di jejaring sosial seluler. Alat dan Aplikasi Multimedia , 76 (4), 5399–5417. https://doi.org/10.1007/s11042-016-3966-1

Davis, FD (1989). Kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, dan penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi. MIS Triwulanan: Sistem Informasi Manajemen , 13 (3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Dewi, CK, Mohaidin, Z., & Murshid, MA (2020). Penentu niat membeli online: pendekatan PLS-SEM: bukti dari Indonesia. Jurnal Studi Bisnis Asia , 14 (3), 281–306. https://doi.org/10.1108/JABS-03-2019-0086

Faridhal, M. (2019). Analisis Transaksi Pembayaran Non Tunai Melalui E-Wallet: Perspektif Modifikasi Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya , 7 (2).

Gayatrie, MS, Kusyanti, A., & Saputra, MC (2017). Analisis Penerimaan OS Windows 10 dengan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Jurnal Perkembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 1 (6), 514–523. http://j-ptiik.ub.ac.id

Huei, CT, Cheng, LS, Seong, LC, Khin, AA, & Leh Bin, RL (2018). Studi awal tentang sikap konsumen terhadap produk dan layanan fintech di Malaysia. Jurnal Internasional Teknik dan Teknologi (UEA) , 7 (2), 166–169. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13310

Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) untuk memahami niat dan perilaku sebenarnya pengguna Go-Pay di kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4). http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/issue/view/16

Indrawati, & Putri, DA (2018). Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk melanjutkan adopsi pembayaran elektronik menggunakan Model UTAUT 2 yang dimodifikasi: (Studi kasus Go-Pay dari Indonesia). Konferensi Internasional ke-6 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018, ICoICT 2018 , 167–173. https://doi.org/10.1109/ICoICT.2018.8528748

Lavenia, IMIA (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) dan Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis , 60 (3).

Muhammad, RFFHKA (2021). Faktor Penentu Potensi Kegagalan Islamic Peer-to-Peer Lending: Persepsi Stakeholder di Indonesia. Jurnal Keuangan Asia, Ekonomi dan Bisnis , 8 (2).

Nugroho. P. Winarno, WW, dan Hartanto R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Pembayaran Seluler dengan Pendekatan Diperluas Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional CITEE 2017

Nuriska, AASSRR (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku dalam menggunakan go-pay dengan model penerimaan dan penggunaan teknologi terpadu yang dimodifikasi 2 model (utaut2). Jurnal Internasional Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah , 1 (2). http://journals.ums.ac.id/index.php/mijeb

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Data dan Statistik Perkembangan Fintech Lending Periode 31 Agustus 2019. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-danstatistik/fintech/Documents/Perkembangan%20Fintech%20Lending%20Periode% 20Jul i% 202019.pdf.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Publikasi Penyelenggara Fintech yang Terdaftar dan Berizin di OJK Per 30 September 2019. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan aktivitas/publikasi/Pages/Penselenggara-Fintech-Reregister-dan-Berizin- di- OJK-as-7-Agustus-2019.aspx.

Putro, AH (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Individu Dalam Menggunakan Peer To Peer Lending Dan Equity Crowd Funding Di DKI Jakarta. Manajemen Keuangan , 9 (1).

Rahi, S., Othman Mansour, MM, Alghizzawi, M., & Alnaser, FM (2019). Integrasi model UTAUT dalam konteks adopsi internet banking: Peran mediasi dari ekspektasi kinerja dan ekspektasi upaya. Jurnal Penelitian Pemasaran Interaktif , 13 (3), 411–435. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2018-0032

Sabatini, N. (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking, Program Studi Manajemen Bisnis, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta, Indonesia.

Saragih, AH, & Septamia, NU (2019). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap E-Filing Menggunakan Model Unified Theory Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Studi Akuntansi, 3(1), 1-17.

orang Sudan. MA & Aziz E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Money pada Generasi Milenial (Studi Kasus Mahasiswa S1 IPB) E Prosiding Manajemen. 5(3): 3104-311

Taylor, Shirley. Todd. PA (1995). memahami penggunaan teknologi informasi: pengujian model yang bersaing. Penelitian Sistem Informasi , 6 (2).

Tsamara, B. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Tesis.

Venkatesh, V., Morris, MG, Davis, GB, & Davis, FD (2003). Penerimaan Pengguna terhadap Teknologi Informasi: Menuju Pandangan Terpadu. Dalam Sumber: MIS Quarterly (Vol. 27, Edisi 3).

Welly, Y., Supitriyani, S., Yusnaini, Y., & Sudirman, A. (2020). Faktor Penggunaan Pembayaran Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Pelajar Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Bisnis dan Manajemen , 7 (1). https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4041




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com