ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI SECARA BERULANG

Mohammad Muslimin, Zainal Abidin, Toto Heru Dwihandoko, Indra Kusumawati, Roosganda Elizabeth

Abstract


Sebuah perusahaan disamping mempunyai pemasaran yang bagus, juga harus bisa memahami perilaku konsumen dari suatu pasar karena hal ini merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan oleh produsen ataupun oleh suatu perusahaan yang menjalankan usaha- usaha pemasaran, karena dalam konsep pemasaran salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih efisien dari para pesaing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap minat beli berulang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah berbelanja di Minimarket Alfamidi dengan menggunakan teknik probability sampling: simple random yang berhasil diperoleh sebanyak 180 responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap minat beli berulang.
Kata Kunci: Minat Beli Berulang, Kualitas Produk, Promosi

Full Text:

PDF

References


Alfriyadi, M. S., & Pujihastuti, I. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Minimarket Alfamidi Jababeka 2). Jurnal Manifest, 3(2), 175–195. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10180

Andarista, F., Hariyani, D. S., & Fauzi, R. U. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics, 1(2), 36–44.

Bagus, A., Ratna, N., & Imam, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/55/44

Febriyanto, N. A., & Widiartanto, W. (2022). Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pelanggan Burgerking Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1226–1237. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31865

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 61–72.

Hariyanti, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 47–87.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasis Pilihan. Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Husain, N., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2021). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 63–85. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.332

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Malik. Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 175–182.

Irawan, D., Sunarto, A., Aprilia, A., & Jokom, R. (2015). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di Restoran Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 475–488. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/3542

Kotler, Philip, (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku I, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller Kevin. 2016. Marketing Management (Global Edition) 15th Edition. Essex, England: Pearson Education.

Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.

Nyarmiati, & Tri Astuti, S. R. (2021). ANALISIS Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal Of Management, 10, 1–14.

Prakoso, W., & Dwiyanto, B. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen Rown Division Di Kota Solo. Diponegoro Journal Of Management, 10(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231

Syarifatul, M., N., R., & Abs, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 2(1), 13–25.

Tjiptono, Fandy, (2005), Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Malang, Bayu Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.