STRATEGI PERUSAHAAN MELALUI CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KIRIM LION PARCEL CABANG KARANGANYAR

Authors

  • Rohma Dhona Putra Pratama UNIBA Surakarta, Indonesia
  • Ida Aryati UNIBA Surakarta, Indonesia
  • Istiqomah Istiqomah

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v4i02.1179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan baik secara simultan maupun parsial pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kirim Lion Parcel Cab Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 135 konsumen yang melakukan pengiriman barang di Lion Parcel cab Karanganyar. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan selama bulan November 2019 sampai Maret 2020. Hasil uji F membuktikan bahwa Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kirim Lion Parcel cab Karanganyar. Citra merek secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kirim Lion Parcel cab Karanganyar. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kirim Lion Parcel cab Karanganyar. Word of mouth secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa kirim Lion Parcel cab Karanganyar. Proporsi variabel dependen (keputusan pembelian) yang dijelaskan variabel independen (citra merek, kualitas pelayanan dan word of mouth) sebesar 55,6%. Selain itu proporsi variabel independen lainnya sebesar 44,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata kunci : citra merek, kualitas pelayanan, word of mouth, keputusan pembelian

References

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Erlangga.

Nurlina, Milasari, dan Dewi Rosa Indah. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa.†JURNAL SAMUDRA EKONOMIKA, VOL. 3, NO. 1, APRIL 2019.

Rohman, Altofu, dan Aglis Andhita H. 2017. “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Study Kasus Pada Pengguna Jasa Jne Express Across Nations Cabang Nganjuk).†CAPITAL.

Setiawan, Elfa. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kurir JNE, Agen Jasafa Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.†Jurnal Transparansi. Vol. 1, No. 2, Desember 2018.

Sitio, Vera Sylvia Saragi. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. TIKI.†Jurnal Ilmiah M-PROGRESS.

Wayuni, Dwi. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Pada Pengguna JNE di Kebumen).†Jurnal Manajemen Pemasaran.

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Putra Pratama, R. D., Aryati, I., & Istiqomah, I. (2020). STRATEGI PERUSAHAAN MELALUI CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KIRIM LION PARCEL CABANG KARANGANYAR. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(02). https://doi.org/10.29040/jie.v4i02.1179

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>