“PENGARUH SALES PROMOTION, TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN FLASH SALE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING”
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Semarang. metode yang di gunakan dalam pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan menggunkan pendekatan simple random sampling karena setiap orang pada seluruh populasi yang telah ditentukan memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Sedangkan untuk menentukan sampel peneliti menggunakan rumus unknow population maka sampel pada penelitian ini adalah 384 responden.
Fokus penelitian ini adalah menganalisis bagaimana kesuksesan strategi pemasaran yang dilakukan marketplace shopee dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan pengunjung atau pengguna pada marketplace shopee. Hasil penelitian ini akan melaporkan baik secara langsung maupun tidak langsung faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying dimana hasil penelitian bahwa sales promotion, tagline “gratis ongkir” berpengaruh terhadap flash sale. Sales promotion, tagline “gratis ongkir” dan flash sale berpengaruh terhadap impulse buying. Flash sale mampu menjadi variabel intervening pada pengaruh sales promotion dan tagline “gratis ongkir” terhadap impulse buying.
Kata Kunci : Sales Promotion, Gratis Ongkir, Flash Sale, Impulse Buying.
Full Text:
PDFReferences
Muflihatin, S. I. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9 (2) (2021) 76-87.
Rachmadi, K. R. (2021). Event Flash Sale Terhadap Keputusan Belanja Online Selama Pandemi Covid-19 pada Marketplace serta implikasi pada kepuasan konsumen di kota malang. Jurnal sains pemasaran indonesia, 18-32.
Razali, G. (2022). Pengaruh promosi diskon dan gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia , 482-491.
Saebah, N. (2020). Pengaruh promosi gratis ongkir terhadap impulse buying dengan flash sale sebagai variable intervening pada e- commerce shopee. : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Volume, 11-20.
Sakdiah, S. A. (2020). Pengaruh promosi penjualan ( sales promotion ) dan belanja hedonis ( hedonic shopping ) terhadap impulse buying secara online. urnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1-16.
Sakdiah, S. A. (2022). Pengaruh promosi penjualan ( sales promotion ) dan belanja hedonis ( hedonic shopping ) terhadap impulse buying secara online. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1-16.
Saputri, R. E. (2020). Peran Flash Sale Dalam Memediasi Sales Promotion Terhadap Keputusan Belanja Online.
Septiana, I. (2021). Pengaruh sales promotion, product quality, dan hedonic behavior pada impulse buying. Jurnal Ilmu Manajemen, 698-707.
Sya'diyah, H. (2022). Pengaruh sales promotion cashback dan price discount terhadap perilaku impulse buying pengguna di situs belanja online tokopedia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4538-4552.
Syauqi, A. e. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 734-749.
Yulinda, A. T. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu ). Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 1315-1326.
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh flash sale terhadap pembelian impulsif online pada toko online “pulchragallery” the effect of flash sale on impulsif online purchase in the online store "pulchra gallery". Manajemen dan bisnis indonesia, 63-70.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i3.12439
Refbacks
- There are currently no refbacks.