KINERJA PEMASARAN DITINJAU DARI KEUNGGULAN BERSAING, ORIENTASI PASAR DAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA SENTRA INDUSTRI SHUTTLECOCK KABUPATEN SUKOHARJO)

Authors

  • Rendy Irawan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Istiatin Istiatin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Supawi Pawenang Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4637

Abstract

Along with the development of the economy and increasingly advanced technology, companies are required to further increase production yields and product quality. The purpose of this study was to determine the effect of Competitive Advantage, Market Orientation and Entrepreneurship Orientation on Marketing Performance at the shuttlecock industry center in Sukoharjo Regency. This research is a quantitative research. The approach method in this study uses a quantitative survey approach, namely survey research that has the nature of pairing and is generally used to draw conclusions on the population so that it uses hypotheses and statistical tools in data analysis. The population and sample in this study were 37 players in the shuttlecock industry, data taken from the Central Bureau of Statistics of Gadingan village. The sampling technique used is the census method, which is a sampling technique when all members of the population are used as samples. The results in this study are Competitive Advantage, Market Orientation, Entrepreneurship Orientation affect the Marketing Performance of the Shuttlecock Industrial Center in Sukoharjo Regency. Keywords: Competitive Advantage, Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, Marketing Performance. ABSTRAK Seiring perkembangan perekonomian dan teknologi yang semakin maju, perusahaan dituntut agar lebih meningkatkan hasil produksi dan mutu produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran pada sentra industri shuttlecock di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei, yaitu penelitian survei yang memiliki sifat pemairan dan umumnya digunakan untuk menarik kesimpulan terhadap populasi sehingga menggunakan hipotesis dan alat statistik dalam analisis data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 37 pelaku industri shuttlecock, data diambil dari Badan Pusat Statistik desa Gadingan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populsi digunakan sebagai sampel. Hasil dalam penelitian ini adalah Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran Sentra Industri Shuttlecock di Kabupaten Sukoharjo. Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Pemasaran.

References

Bachtiar, F., & Meliyati, M. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Pengrajin Ikan Asin Dikawasan Lhong Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 9(1), 53–68. https://doi.org/10.37598/jimma.v9i1.990

Ekonomi, F., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus Umkm Kuliner Tinutuan Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21906

Haji, S. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Arifin Rois, 83–95

Indrasari, Meithiana. Oktober. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Ogi, I., Massie, J., & Lapian, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. Bpr Prisma Dana Amurang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1330–1339. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.12343

Merakati, Indah; Rusdarti,Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.15294/jeec.v6i2.19297

Rahmawati, Desember. 2016. Manajemen Pemasaran, Samarinda: Mulawarman University Press.

Riyanto. 2017. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Suci, Rahayu Puji. Maret. 2017. Kajian Teoretis Tentang Strategi Bisnis Dan Kinerja Berbasiskan Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan Dan Manajemen, Malang: IRDH.

Sunyoto, Danang. 2015. Keunggulan bersaing (competitive advantage), Yogyakarta : CAPS, 2015.

Wirawan, Y. R. (2017). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kabupaten Jombang. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 5(1), 56. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1006

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Irawan, R., Istiatin, I., & Pawenang, S. (2022). KINERJA PEMASARAN DITINJAU DARI KEUNGGULAN BERSAING, ORIENTASI PASAR DAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA SENTRA INDUSTRI SHUTTLECOCK KABUPATEN SUKOHARJO). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 465–475. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4637

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>