ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI SENTRA INDUSTRI MEBEL DESA SEMBUNGAN

Authors

  • Miftakhul Amin
  • Sudarwati Sudarwati
  • Siti Maryam

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing terhadap kinerja di sentra industri mebel kayu desa Sembungan. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitaif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhanpengrajin kayu di desa Sembungan dengan menggunakan random sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kinerja pemasaran. Variabel independen (X) meliputi: inovasi produk (X1) orientasi pasar (X2) dan keunggulan bersaing (X3). Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Sedangkan untuk program jika data menggunakan IBM SPSS 21.0 statistik. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan variabel inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaingterhadap kinerja pemasaran. Variabel inovasi produk berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran.Orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.Keunggulan bersaing berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Model regresi dalam penelitian ini adalah Y = 29,664 + (-0,680) + (-0,225) + 0,506 + e. Hasil koefisien determinasi menunjukkan inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing memiliki pengaruh sebesar 61.2% terhadap kinerja pemasaran di sentra industri mebel kayu desa Sembungan. Keyword: Kinerja Pemasaran, Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing

References

Alrubaiee, L. (2013), "Menjelajahi Hubungan antara Perilaku Penjualan Etis, Kualitas Hubungan, dan Loyalitas Pelanggan", Jurnal Internasional Pemasaran Studie, Vol.4 (1), hal: 7-21

Hajar Siti,Putu Gde Sukaatmadja. 2016. Peran Keunggula Bersaing Memediasi

Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. Vol.5.No.10. hal 6580-6609. ojs.unud.ac.id

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta: Erlangga

Kotler,Philip and Gary Armstrong, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Kotler. Phillip dan Amstrong.(2011). Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Jakarta. Bumi Aksara.

Muchammad Fauzi, Manajemen Strategik, Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.2015,1-2

Manahera Marta Marsela, Silcyljeova Moniharapon, Hendra N. Tawas .2017. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Umkm Nasi Kuning Di Manado). Vol.06,No.04.2737. jurnal EMBA

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Salindeho Angelita Elisabeth, Silvya L. Mandey.2018. Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki (Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab.Malalayang) .Vol.06.No.04.3348.jurnalEMBA

Tjiptono, Fendy. 2011. Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2019-10-10

How to Cite

Amin, M., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2019). ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI SENTRA INDUSTRI MEBEL DESA SEMBUNGAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(02). https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.664

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>