Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Pelayanan, Citra Dan Kepuasan Studi Pada Klinik Pratama Polres Wonogiri
Abstract
Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menyebar kuesioner. Metode pengambilan sampel dilaksanakan secara purposive sampling yaitu dengan cara mengambil sampel populasi berdasarkan ketentuan dari peneliti. Jumlah sampel yang diambil 100 orang responden dari jumlah pasien di klinik Pratama Polres Wonogiri yang berkunjung lebih dari 3 kali. Uji validitas instumen memakai product moment correlation, sedangkan uji reliabilitas memakai Alpha Cronbach. Tehnik analisa data dengan memakai uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisiensi determinasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan, citra dan kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien Klinik Pratama Polres Wonogiri. Pelayanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pasien Klinik Pratama Polres Wonogiri. Citra klinik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien Klinik Pratama Polres Wonogiri. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien Klinik Pratama Polres Wonogiri.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrouf, M., & Puspitasari, D. W. (2017). Model Loyalitas Pasien Berbasis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Islam di Semarang. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.26630/jk.v8i3.616
Gde Muninjaya, A. A. (2004). Manajemen Kesehatan Edisi 2. Jakarta: EGC, Hal.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Pogram iIBM SPSS 21. https://doi.org/10.1126/science.1158668
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas KonsumenNo Title. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen.
Mubarak, W. iqbal, & Chayatin, N. (2009). Ilmu kesehatan masyarakat: Teori dan Aplikasi. In Salemba Medika.
Mukti Ali Ghufron. (2007). Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Pusat Pengembangan Sistem Pembiayaan Dan Manajemen Asuransi/Jaminan Kesehatan, Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.
Nursaidah. (2017). Pengaruh Citra Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 218–238.
Otani, K., Herrmann, P. A., & Kurz, R. S. (2010). Improving patient evaluation of hospital care and increasing their intention to recommend: Are they the same or different constructs? Health Services Management Research. https://doi.org/10.1258/hsmr.2009.009022
Pawenang Supawi, E. K. (2011). Pengantar Ekonometrika (Cetakan Pe). Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen.
Satianegara, M. F. dan S. S. (2009). Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. In Salemba Medika (1st ed.). Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wu Chao-Chan. (2011). The impact of hospital brand image on service quality, patient satisfaction and loyalty. African Journal of Business Management, 5(12), 4873–4882. https://doi.org/10.5897/AJBM10.1347
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.885
Refbacks
- There are currently no refbacks.