PENGARUH INFLUENCER DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK KOSMETIK HALAL DI TIKTOK SHOP
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8062Abstract
References
Abednego, F., Kuswoyo, C., Lu, C., & Ervina, G. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. Jurnal Riset Bisnis.
Afifah, L. I., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). The Influence of E-WOM of Reference Group and Instagram Influencer Toward Wardah and Maybelline Brand Image. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, X(1). doi:https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37674
Ahmad, S. H., Wolok, I., & Abdussamad, Z. K. (2022, September 2). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi Produk Skin Care Terhadap. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 5(2). Dipetik September 30, 2022.
Ardianti, A. N., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Undip.
Arifianti, R., & Gunawan, W. (2020). Perilaku Impulse Buying dan Interaksi Sosial dalam Pembelian di Masa Pandemi. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, V(1).
Azizah, F. (2021). Influencer Pelaku Endorsement Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan.
Bestari, N. P. (2022, Agustus 8). cnbcindonesia.com. Dipetik Oktober 8, 2022, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220808131342-37-361937/app-buatan-ri-masuk-top-10-download-instagram-whatsapp-kalah#:~:text=Jakarta%2C%20CNBC%20Indonesia%20%2D%20Tiktok%20merajai,teknologi%20Meta%2C%20Facebook%20dan%20Instagram.
Bruns, I. (2018). Trust’ and ‘perceived authenticity’ in social media driven influencer marketing and their influence on intentions-to-buy of 18-24-years olds in Ireland. Diambil kembali dari https://esource.dbs.ie/handle/10788/3536.
Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli dalam Mobile Legends. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Chlistina, Z. (2022, September 22). tek.id. Dipetik September 28, 2022, dari https://www.tek.id/tek/tiktok-shop-paling-banyak-digunakan-untuk-belanja-b2fq69oMw
Engel, J. (2008). Consumer Behaviour. Thomson Business and Economics.
Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, B. M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS.
Filieri, R. (2015, Juni). What Makes Online Reviews Helpful? A Diagnosticity-Adoption Framework to Explain Informational and Normative Influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6). doi:https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.006
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Undip.
ginee.com. (2021, November 9). Dipetik 09 18, 2022, dari https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/
Hair, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kupplewieser, V. (2014, Februari). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool for Business Research. European Business Review, 106-121. doi:10.1108/EBR-10-2013-0128
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif.
Hutapea. (2016). Pengaruh Beauty Vlogger dan Brand Image Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop. Departemen Ilmu Komunikasi.
Jalaludin, R. (2005). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Jati, K. P. (2021, Juni 3). RM.id. (F. Mubarok, Editor) Dipetik September 18, 2022, dari https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/78156/indonesia-berpotensi-jadi-pasar-kosmetik-terbesar-kelima-di-dunia
Kementerian Dalam Negeri. (2022, Februari 24). dukcapil.kemendagri.go.id. Diambil kembali dari https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1032/273-juta-penduduk-indonesia-terupdate-versi-kemendagri
Kementerian Perindustrian RI. (2020, Januari 27). kemenperin.go.id. Diambil kembali dari https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik
Kotler, P. (2015). Marketing Management 15th Edition.
Muruganantham, G., & Bhakat, R. S. (2013). A Review of Impulse Buying Behaviour. International Journal of Marketing Studies, 5.
Mutia, A. (2022, September 15). databoks. Dipetik 09 18, 2022, dari databoks.katadata.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/15/warga-ri-paling-banyak-habiskan-waktu-bermedia-sosial-di-whatsapp-dan-tiktok
Olmedilla, M., Arenas-Marquez, F. J., Martinez-Torres, M. R., & Toral, S. L. (2016). Identification of Influencers in eWord-of-Mouth Communities. First International Conference on Advanced Research Methods and Analytics, CARMA, 38-45. doi:https://doi.org/10.4995/carma2016.2016.3642
Pahlevi, R. (2022, Maret 15). databoks.katadata.co.id. Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/konsumsi-kosmetik-halal-indonesia-terbesar-ke-2-di-dunia
Percy, L., & Rossiter, J. R. (1997). Advertising and Promoting Management. Singapore: McGraw-Hill.
Pratama, K. R. (2022, Januari 3). tekno.kompas.com. Diambil kembali dari https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all
Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factorc Influencing Cosmetics Purchase Intention in Indonesia Based on Online Review. International Conference on Ethics of Business, Economics adn Social Science.
Ramadhan, R. (2022, September 23). kumparan.com. Dipetik 9 20, 2022, dari https://kumparan.com/kumparantech/survei-45-masyarakat-indonesia-doyan-belanja-di-tiktok-shop-1yuKNSdzT2z/full
Rook, D. W. (1987, September). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189-199. doi:https://doi.org/10.1086/209105
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995, Februari). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3). doi:10.1086/209452
Senft, T. M. (2013). Microcelebrity and The Branded Self. Wiley Online Library.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriadi, C. (2022, September 26). marketing.co.id. Dipetik 9 20, 2022, dari https://www.marketing.co.id/tren-jual-beli-melalui-media-sosial-social-commerce-semakin-diminati-di-indonesia/
Sutanto, A. M., & Aprianingsih, A. (2016). The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study in Premium Cosmetic in Indoneisa. Journal International Conference on Ethics of Business.
Syifaa, A. (2022, September 29). ThePhrase.id. Dipetik Oktober 12, 2022, dari https://thephrase.id/tiktok-shop-menjadi-pilihan-destinasi-belanja-generasi-muda/
Waluyo, A., & Trishananto, Y. (2022). Customer Review dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian dengan Variabel Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, II(1).
Wulandari, T. A., Insan, M. I., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Potongan Harga terhadap Pembelian Impulsif Suatu Produk Skincare. Jurnal Ilmu Manajemen, IX(3). doi:https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p844-851
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal Of Management Science and Bussines Administration, 1(5), 69-80. doi:10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006
Yuliandasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamics and Finance Studies, III(1). doi:http://dx.doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293
Zhukrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Decisions. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, V(2). doi:https://doi.org/10.20473/jebis.v5i2.14704