Efektifitas Media Jurnalistik Sebagai sarana promosi dalam menciptakan interes coffeshop Teras Abo Jalan. Puri kota Medan

Authors

  • Muhammad Fiqih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • M. Yoserizal Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.9110

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa jumlah bisnis terkait kuliner di Kota Medan berkembang pesat, yang membuat persaingan di antara pemilik bisnis terkait makanan semakin ketat. Coffeshop Teras Abo berhasil dengan membuat rencana pemasaran dan memilih media jurnalistik sebagai cara untuk menciptakan interes dengan menggunakan Intagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Coffeshop Teras Abo street dapat menggunakan media berita, seperti Instagram, untuk mempromosikan dirinya sendiri. Metode penelitian adalah Deskriptif Kualitatif, dan wawancara, observasi, dan catatan tertulis digunakan untuk mengumpulkan data. Teori penelitian ini didasarkan pada tujuan Freddy Rangkuti untuk promosi, yang meliputi perubahan perilaku, menceritakan, membujuk, dan mengingatkan. Penerapan teori tersebut dalam penggunaan Media jurnalistik media sosial Instagram dimanfaatkan dalam fitur Instagram seperti Instagram Feed, Hashtag, Geo Tagging, Photo Tagging, Instagram Live, Instagram Story, Endorsement, dan Sponsorship. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, Coffeshop Teras Abo jalan.Puri Kota Medan memanfaatkan fitur ini untuk melakukan hal-hal seperti mengunggah foto dengan informasi bermanfaat tentang layanan dan menu, mempromosikan barang terbaru, berbagi unggahan foto dengan pelanggan yang berkunjung, dan sebagainya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media jurnalistik (Instagram) dapat digunakan sebagai cara untuk membuat orang tertarik dengan fitur Instagram Coffeshop Teras Abo street. Puri Kota Medan melakukan pekerjaan yang baik untuk menyebarkan berita kepada pembeli. Jelas dari hal-hal seperti meningkatnya jumlah pelanggan yang masuk dan jumlah panggilan dari grup luar untuk membantu merencanakan acara, antara lain. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan layanan dan manfaat dari Coffeshop Teras Abo jalan.Puri Kota Medan.

References

Al Iman, R. (2022). Digital Marketing Samagaha Outdoor Melalui Instagram: Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.29313/BCSCM.V2I1.277

Amalia, R., & Amalia, R. (2022). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi dalam Menarik Minat Pengunjung di Kopi Sadis Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 167–171. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.4929

Ananda, A., & Novianti, S. (2021). Tourists Interest in Camping as an Alternative Tourism Activity During COVID-19 Pandemic: The AIDA Model Application. Journal of Tourism Sustainability, 1(2), 74–81. https://doi.org/10.35313/JTOS.V1I2.17

Firdaus, A. M., & Hadiyanto. (2021). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Kopi Di Rumah Kopi Sunda Hejo. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(6), 895–907. https://doi.org/10.29244/JSKPM.V5I06..924

Habibi, A. H., Nugraha, N. D., & Apsari, D. (2021). Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Gerobak Kopi Kota Payakumbuh. eProceedings of Art & Design, 8(6). Diambil dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16781/16498

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/JBT.V1I01.296

Jihad, A. (2021). Perancangan Poster Interaktif Sebagai Media Promosi Breaktime Cafe.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai komunikasi pemasaran modern pada Batik Burneh. Competence : Journal of Management Studies, 11(2). https://doi.org/10.21107/KOMPETENSI.V11I2.3533

Margareta, C. (2021). Pengukuran efektivitas promosi melalui media sosial Instagram dengan pendekatan AIDA (studi kasus pada followers akun Instagram @kopikakak_id).

Marpaung, H. L., & Widaningsih, S. (2020). Analisis Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode CRI ( Customer Response Index ) Pada Sunny Side Coffee. eProceedings of Applied Science, 6(1). Diambil dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/11499

Maulana, F. (2016). Analisis Promosi Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Ouval Research Bandung). Diambil dari https://repository.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/121623/slug/analisis-promosi-melalui-media-sosial-instagram-studi-kasus-pada-ouval-research-bandung-.html

Nugroho, T. A., & Citra Azzahra, F. (2022). Pemanfaatan instagram sebagai media promosi social commerce usaha bro. Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/PUSTAKOM.V5I1.1883

Permatasari, G. (2016). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian “Yoghurt Cimory.†Diambil dari http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81930

Pratiwi, N. (2021). Efektivitas promosi menggunakan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian di layanan belanja online happyfresh. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57482

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putu, I., Permana, H., Ni, D., Ayu, K., & Pratiwi, N. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Bisnis Kuliner pada Komunitas Online @deliciousbali. JUSTBEST: Journal of Sustainable Business and Management, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.52432/JUSTBEST.1.1.2021.12-18

Reihan Malik, T., Alamsyah Kusumadinata, A., & Hasbiyah, D. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. KARIMAH TAUHID, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.30997/KARIMAHTAUHID.V2I1.7496

Riadi, S., & Sunyianto, S. (2020). Efektivitas Komunikasi dalam Pendidikan STIPAP Medan ditinjau dari Hambatan Komunikasi. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.30829/KOMUNIKOLOGI.V4I2.8063

Riski, S. M., & Satiri, S. (2022). The Influence of Instagram Social Media on Consumer Buying Interest at Willow Cattura Coffee Shop. PROPAGANDA, 2(2), 205–218. https://doi.org/10.37010/PROP.V2I2.721

Saragih, M. Y. (2018). Jurnalisme: Harapan dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Mendidik Masyarakat. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 25–38. https://doi.org/10.54069/ATTAQWA.V14I1.29

Saragih, M. Y. (2019). Journalist of Print Mass Media in Medan Study: Journalism, Print Media of Newspaper Journalistic and Organizational Structure of Print Media. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 1(2), 85–92. https://doi.org/10.33258/BIOHS.V1I2.40

Saragih, M. Y. (2021). The Role of Journalists in Socializing Money Waqf. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 3(2), 361–369. https://doi.org/10.33258/BIOHS.V3I2.456

Syahirman Yusi, M., Andriyani, T., & Firdaus, Y. (2022). Social Media Effectiveness as a Promotional Medium to Increase Sales Volume. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7344577

Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 138–148. https://doi.org/10.35508/JIKOM.V10I2.3609

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Fiqih, M., & Saragih, M. Y. (2023). Efektifitas Media Jurnalistik Sebagai sarana promosi dalam menciptakan interes coffeshop Teras Abo Jalan. Puri kota Medan. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.9110

Citation Check