Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar)

Nurhendra Fatma, Mukhamad Najib, Mukhamad Yasid

Abstract

Persepsi merupakan sebuah aktivitas berupa, pandangan, gambaran,harapan serta memberikan penilaian terhadap objek-objek fisik ataupun sosial. Jika penilaian dan harapan terhadap sesuatu barang dan jasa itu baik maka, akan berdampak positif, karena persepsi yang baik dapat mempengaruhi konsumen dalam berperilaku. Strategi pemasaran yang tepat dalam merebut konsumen diperlukan. Sebelum menentukan strategi sebaiknya perusahaan mengidentifikasikan keinginan konsumen, kebutuhaan, permintaan dan keputusan, dan kepercayaan terhadap perusahaan dengan cara menentukan barang yang akan diproduksi . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi konsumen terhadap Shampo Sariayu Hijab dalam bauran pemasaran syariah dan mengetahui hubungan antara kepuasan dan loyalitas konsumen. Data dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Alat penelitian berupa kuesioner, responden mahasiswi muslimah yang berada di Wilayah Jakarta Timur. Analisis deskritif data menggunakan tabulasi silang, serta uji statistik dilakukan dengan SEM-PLS.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa persepsi konsumen terhadap Shampo Sariayu Hijab memberikan penilaian yang baik. Bauran Pemasaran Syariah mempunyai hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel yang dominan adalah produk dan distribusi berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel harga dan promosi tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Loyalitas konsumen mempunyai hubungan yang positif melalui kepuasaan konsumen adalah variabel produk dan variabel distribusi.

Keywords

Bauran Pemasaran Syariah,Kepuasan, Loyalitas

References

Arhaam I.(2010). Perspectives on Marketing, (Journal of Islamic Marketing Volume 1 No.2,) hlm 164.

Antonio MS. (2010). Ekslopedia Leadership Manajemen Muhammad Saw”The Super Leader Super Manager”jilid 2

Assauri S. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta FEUI.

Alma B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung:Penerbit Alfabeta.

Assauri S. (2004). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep & Strategi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abdullah S, Susanto TD. (2015). Statiska Tanpa Stres:TransMedia Pustaka.

Afrida SM. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen vol. 2 no. 9

Basu S, Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta.Liberty.

Baker AS. (2011). The Principles of Islamic Marketing, Printed and bound in Great Britain by the MPG Books Group,UK.

Chan YY, Shaheen M. (2016). Factor that influences consumers' brand loyalty towards cosmetic products b Professor, INTI International University, Malaysia Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, Vol. 1, Issue 1 (2016) 12-29.

Endah NH. (2014). Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia consumers’s purchasing behavior toward halal labeled

Cosmetics in indonesia Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi, LIPI, Jurnal

Ekonomi dan Pembangunan Vol 22, No.1.

Erwandi T. (2013). Harta Haram Muamalat Kontemporer, Yogyakarta: Penerbit PT. Berkat Mulia Insani

Hair R, Sarstedt. (2011). PLS-SEM indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 19, no. 2 (spring 2011), pp. 139–151. © 2011 M.E. Sharpe, In.

Hamza SK. (2014). The Influence of Brand Loyalty on osmetics Buying Behavior of UAE Female Consumers Marketing Department, Faculty of

Business Middle East University, Amman, Jordan.

Huda N.(2012). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam (Kencana Prenada Group),

Jonathan S.(2008). Mengenal Amos Untuk Analisis Structural Equation Model (SEM), Jakarta.

Kartajaya H, Sula M S. (2005). Syariah Marketing. Penerbit Mizan.

Karim A, Sahroni O.(2015) Maqashid Bisnis & Keuangan Islam. Sintesis Fikih dan Ekonomi.

Karim A, Azwar.(2006). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam edisi ketiga,

Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Karim A,Sahroni O.(2015). Riba Gharar dan Kaidah-Kaidah Ekonomi Syariah

Analisis Fikih & Ekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kotler P, Kevin LK. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua

Belas. Indeks: Jakarta.

Kamajeet K. (2014). Predicting Working Women Purchasing Behaviour of

Malaysian Halal Cosmetic Products by Using Theory of Planned Behaviour Infrastructure University of Kuala Lumpur.

Lily H, Lusia O, Sabu G.(2014).Pengaruh Persepsi Kualitas Produk

terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop.

Lovelock C.H, Wright L.K.(2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa

Indonesia. Jakarta: PT Indeks.

Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran Jakarta:Penerbit BUMI AKSARA

Muhammad. (2004). Ekonomi Mikro dalam Perspektif IslamYogyakarta.

Mahabub A, Shariful H.(2011). Marketing: An Islamic Perspective World Journal of Social Sciences Vol. 1. No. 3. July 2011. Pp. 71-81.

Manan MA. (1997). Teori dan Praktek Ekonomi Islam(Yogyakarta): Dana

Bhakti Prima Yasa.

Mustofa E.(2012). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Grup.

Najib M. (2015). Manajemen pemasaran Internasional Strategi Membangun Keunggulan Bersaing di Pasar Global.cet.1, Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Nurgiyantoro B.(2015). Statistik Terapan. Gadjah Mada University Press.

Narimawati, Jonathan S.(2007). Structural Equation Model (SEM) Dalam Riset Ekonomi: Menggunakan LISREL. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rachmawati.(2011). Peranan Bauran Pemasaran Marketing Mix Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik 2(1): 145-149.

Rangkuti F. (2011). Riset Pemasaran, PT GramediaBuilding.

Siswoyono HParwoto W. (2012). Structural Equation Modeling.

Tanjung H.(2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata

Publising.

Yudhistira P, Setiawan B, FudholiA, Satibi.(2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk (Influence of Marketing Mix Satisfaction and Loyalty Products Customers), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi P-ISSN: 2088-8139 E-ISSN: 2443-2946.

Wijaya N, Dharmayanti D. (2014). Analisa Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah dengan Menggunakan Consumer Decision Model (cdm)jurnal Manajemen Pemasaran Petra, vol 2.

(http://www.marthatilaargroup.com/id/berita/berita-terkini/565-unpad-tandatangani-kerja-sama-dengan-pt-martina-berto,-tbk.html).

(http://www.marthatilaargroup.com/id/berita/berita-terkini/577-sertifikasi-halal,- bentuk-komitmen-martha-tilaar-group-pada-konsumen-indonesia.html).

Sumber:https://almanhaj.or.id/3654-curang-dalam-timbangan-dan-takaran-mengundang-kerusakan-di-dunia-dan-celaka-di-akherat.html.

https://rumaysho.com/2410-bentuk-jual-beli-yang-terlarang-3.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.