THE INFLUENCE OF DISCOUNT VOUCHERS, ONLINE CUSTOMER REVIEWS, AND PROMOTIONAL COSTS ON THE NET PROFIT OF SHOPEEFOOD MERCHANTS

Eunike Marvella, J.E. Sutanto

Abstract

The aim of this study is to assess how discount vouchers, online customer reviews, and promotional expenses affect the net profit of Shopeefood merchants. The research methodology employed is quantitative, involving a sample size of 120 respondents. Data analysis was conducted using SPSS software. The findings indicate that discount vouchers (X1) significantly affect the net profit of Shopeefood merchants, whereas online customer reviews (X2) and promotional costs (X3) have an impact but are not statistically significant regarding the net profit of Shopeefood merchants (Y). However, simultaneously, all three independent variables do influence the dependent variable.

Full Text:

PDF

References

Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., Nujiyatillah, S., Manajemen, M. S., Bhayangkara, U., & Raya, J. (n.d.). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE: HARGA DAN PROMOSI. 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Ayu Purwati, A., Julius Siahaan, J., & Hamzah, Z. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 30(1). www.jurnalkiatuir.com

Azizah, K. N., Laksono, S. S. M., & Munawaroh, N. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopeefood. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(6).

Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of online customer reviews. Computers in Human Behavior, 56, 306–319. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.051

Fathimah Febrianah, & Sukaris. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 309–315. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.391

Felicia, & Gultom, R. (2018). PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA KUALITAS DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 1(1).

Fitriani, A., & Rizal, A. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Diskon Flashsale dan Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1617

Fransiskho, G., Goh, T. S., & Julitawaty, D. W. (2021). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN DISKON TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. ATMINDO TBK TANJUNG MORAWA. 7(2).

Ginanjar, Y. (2020). VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PENGARUH LABA BERSIH DENGAN BIAYA PROMOSI. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Sistem Informasi, 1(1).

Hawa, S. D., Peningkatan, D., Konsumen, M., Pembelian, T. K., Konyol, M., Sarah, B., Hawa, D., & Anjani, M. (2023). Pengaruh Penetration Pricing. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 18–36. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i1.124

Koeswaedhana, G. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN LABA KOTOR, LABA OPERASI DAN LABA BERSIH DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA MENDATANG. In JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh (Vol. 4, Issue 1). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamarTelp.+62-21-3905050

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). KOSMETIK DI SOCIOLLA (Vol. 6, Issue 1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139

Listyaningsih, E., & Vika Launi, A. (2024). PENGARUH HARGA, DISKON SHOPEE, IKLAN MEDIA, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MARKETPLACE SHOPEE. Tata Kelola Perusahaan (JAKPT), 1(3), 213–228.

Muhajir, A. (2020). MODAL KERJA, PERPUTARAN PIUTANG, PERSEDIAAN DAN PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH. Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil, 10(1).

Mutiara, P. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 244. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.396

Nilakusmawati, E., Novia, D., Ningtias, A., Istri, A. A., Wulantari, I., Ayu, N. G., Wulandari, I., & Putu, D. (n.d.). Pengaruh Voucher Diskon Terhadap Daya Tarik Pembeli Di Aplikasi E-Commerce.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Nuryani, N. N. J., & Desi Handayani, K. (2022). The Effect of Store Image, Discount Prices and Distribution Channels on Sales Volume At UD Pande Kertiasih In Sawan Village, Sawan District. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Putri, L., & Wandebori, H. (2016). FACTORS INFLUENCING COSMETICS PURCHASE INTENTION IN INDONESIA BASED ON ONLINE REVIEW.

Radella, L., Saebani, A., & Maulana, A. (2021). PENGARUH BIAYA PROMOSI, BIAYA KUALITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PERUBAHAN LABA BERSIH.

Resta, A., Akhmad, K. A., & Gunaningrat, R. (2023). Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 759–771. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4878

Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, WORD OF MOUTH, AND PRICE CONSCIOUSNESS TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, IX(3).

Sahara Siregar, S., & Kholid, H. (2019). ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT MELALUI PLATFORM E-COMMERCE (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat).

Susilawati, E. (2019). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 2(1), 25–39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.