THE IMPACT OF PROMOTION, PRICE, AND SERVICE QUALITY ON PURCHASING DECISIONS: AN INVESTIGATION OF SAE CAR AUDIO IN GEMOLONG CITY

Seputri Mahayu Bhirdhanata, Rini Handayani

Abstract

This research examines the impact of promotion, price, and service quality on purchasing decisions in a case study conducted at SAE Audio in Gemolong City, Central Java. The study involved 85 respondents selected through the Non-Probability Sampling method. Data analysis encompassed several statistical techniques, including the instrument test (validity & reliability), classical assumption test (normality, multicollinearity and heteroscedasticity, and autocorrelation), multiple linear regression analysis (determination analysis, model feasibility test, and hypothesis test). The findings of this study reveal that promotion, price and service quality each have an positively and significantly impact on purchasing decisions.

Keywords: Purchase Decision, Promotion, Price, Service Quality

Full Text:

PDF

References

Anasari, Y., Ernawati, F. Y., & Budiyono, R. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Citra Merek Produk Sabun Lifeboy. JURNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 18-32.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diputra, G. I. S., & Yoga, G. A. D. M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomarco Pratama Denpasar Bali. Widya Manajemen, 2(2), 69-80.

Esa, I., & Mas’ud, F. (2021). Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick di Kota Semarang. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 10(2), 147-160.

Fadhilah, M., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 3, pp. 607-617).

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS, Third Edition. California : Sage Publication Inc.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh produk ramah lingkungan/Green Product dan Harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37-44.

Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99-102.

Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(5), 2289-1560.

Hermawan, S., & Amirullah, A. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang : Media Nusa Creative.

Istiqamah, D. P. N., & Rachmi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti (Studi pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2020/2021). Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 37-40.

Kaluku, F., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Kotler, P. & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi ke 14 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, D., & Prihatini, A. E. (2018). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 97-106.

Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh harga dan promosi Grab terhadap Brand Image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 381-390.

Lovelock, C. & Wright, L.K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta : PT. Indeks.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta : Salemba Empat.

Mongdong, V. G., & Tumewu, F. J. (2015). Analyzing the Effect of Marketing Mix, Service Quality and Brand Equity on Consumer Buying Decision in Indomaret Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukm Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154-1170.

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(2), 62-69.

Piarna, R. (2014). Pengaruh Sumber Informasi dan Kualitas Website terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi pada E-commerce (Studi pada Pelanggan E-commerce di Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(1), 10-21.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152-164.

Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : Prentice Hall.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Stanton, W.J. (1998). Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis ( Ipa ) – Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome. 5(2), 1–12

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 165-173.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
echo 'slot gacor