PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI DESAIN GRAFIS DAN WEB DEVELOPMENT UNTUK SKPI INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI BISNIS AAS INDONESIA

Muqorobin Muqorobin, Moch Bagoes Pakarti, Siti Rokhmah, Tino Feri Efendi, Nendy Akbar Rozaq Rais

Abstract

Peningkatan pesat dalam teknologi informasi memandangkan tantangan baru di dunia desain grafis dan pengembangan web. Pengabdian ini membahas tentang pelatihan dan uji kompetensi sebagai implementasi program pelatihan dan uji kompetensi di Program Studi Informatika Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia dengan fokus pada desain grafis dan web development. Pelatihan mencakup workshop kreativitas, penerapan perangkat lunak desain seperti Corel Draw dan Illustrator, serta dasar-dasar HTML, CSS, dan JavaScript untuk pengembangan web. Proyek kolaboratif diperkenalkan sebagai bagian integral dari pelatihan, yang mengarah pada presentasi hasil pekerjaan. Uji kompetensi melibatkan proyek individu, penilaian desain, dan wawancara teknis untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep desain dan implementasi teknis. Melalui pendekatan pelatihan dan uji kompetensi ini, pengabdian ini menyoroti manfaat pelatihan dan uji kompetensi dalam mempersiapkan mahasiswa Program Studi Informatika untuk menghadapi tantangan industri desain grafis dan pengembangan web yang terus berkembang. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan kompetensi dari bidang IT serta mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai bidang IT sehingga sebagai pendukung dalam dokumen SKPI.

Full Text:

PDF

References

Ditbinsuslat. (2019, November 30). Fi-nalisasi bahan ajar cetak, Hotel Whiz Prime (Bogor). Panduan Kegiatan, pp. 1-2.Ditbinsuslat. (2019, Maret 27-29).

Peny-usun Buku Bahan Ajar (Hotel Onih, Bogor). Panduan Kegiatan, pp. 1-2.Ditbinsuslat. (2019, September 18-20). Uji Publik buku bahan ajar, Hotel Horison Riis - Jogjakarta. Panduan Kegiatan, pp. 1-2.

Molenda, H., & Russel. (1996). Teach-ingReading Today’s In Elementary. New Jersey: oughton Mifflin Company Boston.Sadjati, I. M. (2012).

Pengembangan Ba-han Ajar. In: Hakikat Bahan Ajar. re-pository Universitas Terbuka, 1.Sungkono. (2003). Pengembangan Bah-an Ajar. Jurnal Majalah Ilmiah Pem-belajaran Edisi Mei 2009, Yogyakar-ta: FIP UNY. No 1, 2.

Widya, L. A. D., Herna, L., & San-drayani, D. (2019). Pengembangan Mul-Timedia Edutainment Interaktif Dengan Konten Lokal Untuk Anak Usia Dini. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12(1), 12-23.

Widya, L., & Darmawan, J. (2019). Pen-gantar Desain grafis. Jakarta: Direk-torat Pembinaan Kursus dan Pelati-han, Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Yusufhadi, Miarso. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, Suparno Eko. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widodo. 2016. Model Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Cacat Melalui Pelatihan Life Skill dan Pembentukan Inkubator Wirausaha. Jurnal disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal dan Informal (UNY). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal dan Informal, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 19 April 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.