Pengabdian Sebagai Dewan Juri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Web Technologies & IT Software Tingkat Kota Surakarta

Muqorobin Muqorobin, Bramasto Wiryawan Yudanto, Dziky Ridhwanullah

Abstract

Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan lomba LKS ini adalah Tim Pengadian berkontribusi sebagai dewan juri dalam mata lomba web teknologi dan IT software. peran dewan juri sebagai pusat penentu lomba LKS tingkat kota, sehingga hasil seleksi siswa terbaik akan mewakili kota surakarta untuk masuk lomba di tingkat provinsi jawa tengah. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah suatu keputusan dari dewan atas proses penilaian lomba dalam menentukan pemenang lomba LKS tingkat kota surakarta.

Full Text:

PDF

References

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. (2012). LKS SMK Tahun 2012 Resmi Ditutup. Diakses dari http://www.dikpora.jogjaprov.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id_sub=279 3. pada tanggal 12 Juni 2014, jam 13.10 WIB.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. (2013). Kontingen LKS DIY Juara III Pada LKS Tingkat Nasional XXI. Diakses dari http://www.dikpora.jogjaprov.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id_sub=294 9. pada tanggal 12 Juni 2014, jam 13.10 WIB.

Muqorobin, M., Efendi, T. F., & Rais, N. A. R. (2021). Penyuluhan Informasi Strategi Pembelajaran Kuliah Dimasa Pandemi Covid-19 (Melalui Radio Rapendik FM 97.0). BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2).

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2014). Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Diakses dari http:// www.ditpsmk.net. pada tanggal 12 Juni 2014, jam 13.00 WIB. Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muqorobin, M., Muslihah, I., Rokhmah, S., Rais, N. A. R., Pardanawati, S. L., & Samanto, H. (2022). Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Kelurahan Gawan Tanon Kabupaten Sragen Berbasis Web. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1).

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : PT. Jayakarta Agung Offset. Eisenberg, Jacob dan William Forde Thompson. (2011). “The Effects of Competition on Improvisers’ Motivation, Stress, and Creative Performance”. Creativity Research Journal. 23, (2), 129–136.

Fatchurrohman. (2012). Pembinaan Kompetensi Siswa Kelas XI Jurusan Audio Video SMKN 2 Kebumen untuk Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Electronic Aplications Tingkat Propinsi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Fauziah, S. (2008). Jago Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP. Jakarta: Media Pusindo.

Muqorobin, M., Rais, N. A. R., Effendi, T. F., Prakoso, A. S., & Tristanto, R. D. (2020). SISTEM INFORMASI KELURAHAN KRIKILAN BERBASIS WEB. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.