Pemberdayaan Kewirausahaan Islami Melalui E-Commerce untuk Komunitas Mantan PSK di Purwokerto: Sebuah Pendekatan Berbasis Teknologi

Fatmah Bagis, Abid Yanuar Badharudin, Ugung Dwi Ario Wibowo, Zaki Nur Hamam, Tsabitah Elora Fitri Solihfahmi

Abstract

Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk membantu kelompok rentan, termasuk mantan pekerja seks komersial (PSK), dalam mencapai kemandirian ekonomi. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk mengimplementasikan kewirausahaan Islami berbasis e-commerce pada komunitas mantan PSK di Purwokerto. Melalui pelatihan kewirausahaan Islami, pemasaran digital, serta penyusunan rencana bisnis, diharapkan komunitas mantan PSK mampu mandiri secara ekonomi dengan mengelola bisnis mereka sendiri. Program ini juga diharapk dapat mengatasi hambatan sosial dan teknis yang dihadapi peserta dalam memanfaatkan teknologi e-commerce. Artikel ini memaparkan tahapan kegiatan, hasil, tantangan, dan dampak dari program pengabdian yang telah dilaksanakan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan oleh peserta dalam menjalankan bisnis online dan penguatan mental. Meski masih terdapat tantangan dalam infrastruktur dan penerapan teknologi, kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan bagi kemandirian peserta.

Kata kunci: Kewirausahaan Islami, e-commerce, mantan PSK, pemberdayaan ekonomi, digital marketing

Full Text:

PDF

References

Bagis, F., Pratama, B. C., Ikhsani, M. M., & Darmawan, A. (2020). IbM Strategi Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Diversifikasi Produk dan Digital Marketing pada Anggota Aisyiyah Ranting Bojanegara Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i1.1010

Cornwall, A., & Jewkes, R. (1995). What is participatory research? Social Science and Medicine, 41(12), 1667–1676. https://doi.org/10.1016/0277-9536(95)00127-S

Hazan, C., & Zeifman, D. (1994). Sex and the psychological tether. Jessica Kingsley Publishers., 151–178.

Nurany, F., Amartani, D., & Pratama, M. (2020). Culinarity Business Empowerment Ex-Commercial Sex Women Post-Closure Localization Dolly Surabaya. Prosiding ICSMR, 1(1), 183–196.

Pratama, B. C., Bagis, F., Retnaningrum, M., & Innayah, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Analisa Studi Kelayakan Bisnis. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 7(2), 107–111. https://doi.org/10.18196/bdr.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.