PEMBERDAYAAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) ZAM-ZAM CILONGOK BANYUMAS MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK

Mastur Mujib Ikhsani, Arini Hidayah, Fatmah Bagis

Abstract

Bisnis membuat hantaran pernikahan sangat menjanjikan dan penuh keuntungan, karena pernikahan hampir selalu ada di setiap bulannya. Keterbatasan waktu dan banyaknya urusan membuat konsumen lebih memilih merogoh kocek untuk memsan atau menggunakan jasa pembuat hantaran pernikahan. Kondisi pandemi juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis masker. Saat ini memang sudah banyak yang menjual masker, akan tetapi kali ini kita akan membuat masker dengan kreasi yang lebih menarik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan kepada mitra (siswa SMA). Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-Zam, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah dengan penyuluhan atau sosialisasi yang meliputi kewirausahaan secara umum, inovasi produk dan kreasi produk hantaran pernikahan serta kreasi masker. Selain itu juga ada pelatihan dan pendampingan pembuatan hantaran pernikahan dan kreasi masker. Keberhasilan kegiatan ini ditandai dengan antusias dan semangat dari para peserta pelatihan serta memiliki kemampuan wirausaha dengan membuat hantaran pernikahan dan kreasi masker.

Full Text:

PDF

References

Anggraini, rini dkk. 2019. pelatihan membuat hantaran pernikahan pada ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Jurnal Inovatif Vol. 9, No. 2 (2019)

Arpila, regigs, dkk. 2020. Pemanfaatan teknologi e-commerce dalam pemasaran kain perca sebagai produk kreatif. Jurnal Tata Busana Vol. 9, No.2 (2020)

Felicia, Agnes dkk. 2020. Peluang Bisnis Usaha Masker Kain dan Hand Sanitizer. JEMI Vol. 3, No.3 (2020)

Siswati, Latifa dkk. 2018. pemberdayaan ibu rumah tangga melalui pelatihan membuat hantaranpernikahan melayu motif satwa. Jurnal Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2, No. 2Desember 2018, Hal. 205-210

Sulaeman M. 2018. Efektifitas Pelatihan Keterampilan Berusaha dan Bantuan Stimulan Usaha Ekonomis Produktif terhadap Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus di Kota Banjar). Jurnal Terapan Abdimas. 3(1). 28-38.

Susilowati, Sri dkk. 2017. Pelatihan Pembuatan Hantaran Pengantin Pengisi Waktu Luang bagi Ibu PKK. Jurnal Komunikasi Profesional. Vol.1, No. 2 (2017)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.