PELATIHAN PEMANFAATAN AI UNTUK PEMBELAJARAN DAN ASSESSMEN DI SEKOLAH: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.17746Abstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membuka peluang baru dalam transformasi pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran dan asesmen berbasis digital. Sayangnya, pemanfaatan teknologi ini di lingkungan sekolah menengah masih tergolong rendah akibat keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pelatihan pemanfaatan AI bagi guru-guru di SMA Negeri 1 Sukoharjo yang diselenggarakan pada 16 Juni 2025 dan diikuti oleh 30 peserta dari berbagai bidang studi. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan AI ke dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi alat, praktik langsung, serta diskusi reflektif. Kegiatan ini difokuskan pada pemanfaatan platform AI generatif dan asesmen otomatis yang relevan dengan kebutuhan pengajaran di sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan guru dalam menerapkan teknologi AI, serta munculnya inisiatif untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif. Implikasi dari kegiatan ini tidak hanya terletak pada peningkatan keterampilan digital guru, tetapi juga berkontribusi terhadap akselerasi digitalisasi pendidikan secara lebih luas. Pelatihan ini merekomendasikan adanya program keberlanjutan dan kebijakan pendukung dari institusi pendidikan agar pemanfaatan AI tidak berhenti pada tingkat pelatihan semata, tetapi dapat diintegrasikan secara sistemik dan berkelanjutan ke dalam kurikulum sekolah..