PENINGKATAN KETRAMPILAN DI BIDANG MULTIMEDIA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN GAME INTERAKTIF BAGI SISWA SMK DI WILAYAH SURAKARTA
Siti Rokhmah, Nendy Akbar Rozaq Rais, Moch Bagoes Pakarti, Tino Feri Effendi, Muqorobin Muqorobin, Syaifudin Fendi Prasetyo
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa SMK di wilayah Surakarta dalam pembuatan game dan animasi 2 dimensi. Dalam era digital ini, industri game dan animasi semakin berkembang pesat, sehingga penting bagi siswa SMK untuk memiliki pemahaman dan keterampilan yang relevan dengan dunia industri ini. Pelatihan ini melibatkan siswa SMK dari berbagai jurusan yang memiliki minat dalam game dan animasi. peserta belajar konsep dasar pembuatan game, termasuk perancangan karakter, seni grafis, skenario permainan, dan pemrograman sederhana. Selain itu, mereka juga akan diperkenalkan dengan teknik pembuatan animasi 2 dimensi, termasuk penggambaran frame-by-frame, penggunaan perangkat lunak animasi yaitu menggunakan aplikasi construct, dan prinsip animasi dasar. Selama pelatihan, siswa juga terlibat dalam sesi pembelajaran praktis yang melibatkan pengembangan proyek game dan animasi. Pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman tentang aspek-aspek penting dalam pengembangan game, seperti desain level, mekanika permainan, dan pengujian. Pelatihan ini diadakan di Kampus 1 ITB AAS Indonesia, yaitu bertempat di runag teori dan laboratorium ptaktikum. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan peserta berjumlah 18 orang dari perwakilan SMK di wilayah Surakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam pembuatan game dan animasi 2 dimensi dan dapat menerapkan keterampilan dalam mengembangkan game sederhana atau animasi untuk kepentingan pribadi atau sebagai langkah awal dalam memasuki industri game dan animasi yang menjanjikan.
References
Handriyotopo, “INDUSTRI ANIMASI MENJADI TUAN DI RUMAH SENDIRI (Sebuah Kenyataan dan Harapan bagi Insan dan Penggiat Industri Animasi Lokal),” Capture : Jurnal Seni Media Rekam, vol. 6, no. 2. 2016. doi: 10.33153/capture.v6i2.759.
A. Kurnianto, “Tinjauan Singkat Perkembangan Animasi Indonesia dalam Konteks Animasi Dunia,” Humaniora, vol. 6, no. 2, p. 240, 2015, doi: 10.21512/humaniora.v6i2.3335.
K. T. Martono, “Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker,” J. Sist. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2015.
A. Kurnianto, “Language, People, Art, and Communication Studies,” vol. 6, no. 2, 2015.
B. Oktaviastuti, R. Nurmalasari, and M. Wena, “Peran vocational attitude dan Technical Skills bagi Siswa SMK,” Pros. SNKP, vol. 1, no. 1, pp. 260–266, 2019.