PELATIHAN STRATEGI MARKETING BERBASIS DIGITAL PADA PAGUYUBAN IBU-IBU PERUM PODOMORO KARTASURA SUKOHARJO

Siti Rokhmah, Ihsan Cahyo Utomo, Fadhilah Ismarani

Abstract

Perempuan memiliki banyak peran, terutama perempuan yang sudah menyandang status menikah. Selain berperan sebagai partner suami dalam mengelola kehidupan rumah tangga, sebagian besar perempuan juga berperan dalam membantu perekonomian keluarga. Semenjak digalakkan pemberdayaan perempuan dalam pada sektor UMKM, perempuan mulai aktif berperan dalam berwirausaha baik melalui media online ataupun offline. Paguyuban ibu-ibu perum podomoro merupakan organisasi yang dibentuk sebagai wadah silaturahim dan komunikasi antar warga perum, sebagian ibu-ibu di lingkungan perum podomoro adalah pekerja di sektor formal dan sebagian seabagi ibu rumah tangga, namun banyak ibu-ibu perum podomoro yang memiliki usaha sampingan dengan berjualan. Untuk membantu ibu-ibu perum podomoro dalam meningkatkan penjualan, maka di laksanakan kegiatan pelatihan strategi marketing berbasis digital. Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal ketrampilan kepada ibu-ibu perum podomoro dalam memanfaatkan teknologi digital dalam membantu pemasaran, selain itu kegitan ini bertujuan memberikan motivasi kepada ibu-ibu perum podomoro dalam berwirausaha sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejaheraan ekonomi keluarga. Pelatihan ini dilaksanakan dengan seminar dan tanya jawab, dengan materi tentang model pemasaran digital, trik dan tips dalam pemasaran digital agar banyak pengguna internet yang dapat mengakses, dan media-media yang dapat dimanfaatkan dalam pemasaran digital. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu perum podomoro dalam meningkatkan omzet penjualan dan memberikan motivasi dalam berwirausaha.

Full Text:

PDF

References

Marthalina, “Pemberdayaan Perempuan dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia,” J. Pembang. Pemberdaya. Pemerintah., vol. 3, no. 1, pp. 59–76, 2018.

D. Prasetyani, N. Purusa, and I. Hasbianto, “Studi Empiris Wirausaha Perempuan Di Surakarta : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi, Hambatan Dan Keberhasilan Usaha,” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 119–138, 2016, doi: 10.33633/jpeb.v1i2.2000.

F. Y. Febri, D. Permatasari, I. I. Kurniafitra, and ..., “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar,” … dan Inov. J. …, vol. 2, pp. 60–72, 2022, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/15717%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/download/15717/7595

D. Rapitasari, “Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core,” Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107–122, 2016.

G. Sagita and Z. R. Wijaya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 24–31, 2022.

R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.