Karakteristik Konsumen Beras Berdasarkan Harga dan Kelas Sosial Pada Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan

Yulia Yulia, Rostiar Sitorus, Aruna Asista

Abstract


Beras merupakan komoditas tanaman pangan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Beras yang dikonsumsi oleh masyarakat baik individu, rumah tangga, maupun usaha jasa. Konsumen beras pun terdiri dari beragam kelas sosial, baik ditinjau dari pekerjaan, pendapatan, kekayaan, dan variabel kelas sosial lainnya. Garis pendapatan konsumsi menunjukkan bahwa perbedaan pendapatan yang diperoleh menyebabkan perbedaan pola konsumsi pada setiap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik konsumen beras berdasarkan kelas sosial di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Convinience Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Interview/Wawancara, Kuesioner, Observasi dan Survei, Focus Group Discussion. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk meringkas dan mempermudah pemahaman mengenai karakteristik dan proses pengambilan keputusan dalam pembelian beras oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen beras berdasarkan Kelas Sosial adalah sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan, telah menikah, pekerjaan ibu rumah tangga, mempunyai suku Melayu dan berada dalam usia dewasa dalam sebagai pengambil keputusan terkait dengan konsumsi beras dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Keywords


Konsumen, Beras, Harga Beras, Kelas Sosial

Full Text:

PDF

References


Ariani, M. (2004). Dinamika konsumsi beras rumah tangga dan kaitannya dengan diversifikasi konsumsi pangan (The dynamics of household rice consumption and its relation to diversification of food consumption). In Ekonomi Padi dan Beras Indonesia. (pp. 541–558). http://www.litbang.pertanian.go.id/buku/ekonomi-padi-beras/

Ariani, M., & Saliem, H. P. (2016). Pola Konsumsi Pangan Pokok di Beberapa Propinsi di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 9(2–1), 86. https://doi.org/10.21082/fae.v9n2-1.1992.86-95

Bahtera, N. I., Purwasih, R., & Yulia, Y. (2020a). Characteristics of Red Chili Pepper Smallholders and the Determinants of. International Journal of Business and Economy, 2(1), 1–9.

Bahtera, N. I., Purwasih, R., & Yulia, Y. (2020b). CHARACTERISTICS OF RED CHILI PEPPER SMALLHOLDERS AND THE DETERMINANTS OF TECHNICAL INEFFICIENCY. PUTRAJAYA INTERNATIONAL CONFERENCE ON ADVANCED RESEARCH ( PJIC2020 ) PUBLISHED BY : Academia Industry Networks ( 002911676-U ) Kajang , Selangor , Malaysia, February.

Dewi, R. C., & Hayati, M. (2021). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras Merah Organik. Jurnal Agriscience, 2(2), 295–313. https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11412

Erinda, A., Kumadji, S., & Sunart. (2016). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1), 87–95.

Habibah, N., Agustina, F., & Yulia, Y. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Program Reklamasi Lahan Bekas Tambang di Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 92–106.

Kementerian Perdagangan. (2004). Profil Komoditas Padi. 38. https://ews.kemendag.go.id/sp2kp-landing/assets/pdf/130827_ANL_UPK_Beras.pdf.

Mowen, J. C. dan M. (2002). Perilaku Konsu-men. Edisi Ke 5. Jilid 2. Jakarta: Airlangga, December.

Nurmalina, R., & Astuti, E. P. (2012). Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Beras di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur. Jurnal Sains Terapan, 1(1), 42–53.

Pandji. (2017). Pengantar Bisnis : Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Rineka cipta.

Petani, P., & Organisasi, D. A. N. (2005). Ketahanan pangan dalam sistem dan usaha agribisnis: pemberdayaan petani dan organisasi petani. 48–62.

SIRAIT, F. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik (Studi Kasus : berastagi suprmarket, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara). Manajemen Agribisnis, 1–27. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Triwijayati, A. (2018). Kelas Sosial vs Pendapatan: Eksplorasi Faktor Penentu Pembelian Consumer Goods Dan Jasa. Jurnal Ekonomi, 23(2), 141–158. https://doi.org/10.24912/je.v23i2.365

Watampone, D. I. K. (2016). Skripsi persaingan usaha kafe dan warung kopi di kota watampone. Hasanuddin University, 1–103.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i1.5541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau