The Relevance and Contribution of Al Ghazali's Thought in Islamic Business Ethics: An Overview
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2020). Filsafat Etika Islam : antara al Ghazali dan Kant. Yogyakarta: IRCiSoD.
Abdullah, M. (2015). Berwirausaha menurut Rosululloh SAW. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Afibatus Afida, M. T. (2020). Prespektif Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 98 - 110. doi:https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i02.3544
Amalia, E. (2010). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam . Depok: Gramata Publishing.
Anisa, C. A. (2020). Misi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam. EVALUASI, 70 - 87. doi:http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
Ariyadi, A. (2018). Business in Islam. JURNAL HADRATUL MADANIYAH, 13 - 26. doi:https://doi.org/10.33084/jhm.v5i1.158
Asy'arie, M. (2015). Filsafat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.
Badroen, F. (2015). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta : Prenadamedia.
Desiana, R. (2017). Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam. AL-INTAJ , 3, 119 - 135. doi:http://dx.doi.org/10.29300/aij.v3i1.1166
Dimyati, A. (2021). Konsep Rasionalitas Islami dan Implikasinya terhadap Pengembangan Studi Ekonomi Islam. Islamic Review, 7 - 162. doi:https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i2.307
Fahruddin, A. (2021). Hukum Pencatatan Hutang Piutang Dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Pandangan Imam Fakhrurrazi). AT TAWAZUN, 11 - 20. Diambil kembali dari https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/at-tawazun/article/view/91/53
Fakhry, M. (1996). Etika Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Pusat Studi islam Uiversitas Muhammadiyah Surakarta.
Faurani, L. (2019). Etika Bisnis dalam AL-Qur'an. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.
Ghazali, A. (1989). Etika Muslim : Ihya Ulumiddin seri VII. Jakarta: Pustaka Amani.
Hakim, L., & Syaputra, A. D. (2020). Al Qur’an dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Ekonoi Islam, 629 - 644. doi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1310
Hasanah, R. P., Kadenun, K., & Nafi'ah. (2021). Etika Bisnis Islam dalam Khiyar Jual Beli dengan Sistem Cash on Delivery di Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 54 - 71. doi:https://doi.org/10.37680/ijief.v1i1.877
Hijriah, H. Y. (2016). Spiritualitas Islam dalam Kewirausahaan. Islamic Economics, 187 - 208. doi:https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i1.374
Hulaimi, A. (2017). Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. JEBI, 17 - 32. doi:http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v2i1.64
Isima, N., & Subeitan, S. M. (2021). Wanprestasi dalam Kontrak Bisnis Syariah Serta Penyelesaian Sengketanya. Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, 104 - 115. doi:http://dx.doi.org/10.30984/ajiel.v1i2.1809
Janwari, Y. (2016). Pemikiran Ekonomi Islam . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kambali, M. (2021). Konsep Kepemilikan Dan Distribusi Pendapatan Dalam Sistem Ekonomi Islam. L-IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 127 - 150. doi:https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i2.254
Lestari, D. M. (2020). Ijtihad Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam Volume 14 Nomor 1, April 2020, 22.
Mawardi, A. (2018). Etika Bisnis Dalam Perspektif Pemikiran Al Ghazali. Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 67.
Muhayatsyah, A. (2020). Etika Bisnis Islam dalam Perspektif Pemikiran Al-Ghazali. AT-TIJARAH : Jurnal Penelitian Keuangan dan Perbankan Syariah Vol. 2, No. 2 Juli-Desember 2020 :, 84.
Nasrudin, A. (2019, Juli 19). Tangan Tak Terlihat: Konsep dan Kritik. Diambil kembali dari cerdasco.com: https://cerdasco.com/tangan-tak-terlihat/
Nugroho, A. A. (2001). Dari Etika Bisnis ke Etika Ekobisnis . Jakarta : Grasindo Gamedia Widiasarana Indonesia.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an dan Hadist. Al Mu'ashirah, 59 - 70. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Quasem, M. A. (1988). Etika Al Ghazali ; Etika Majemuk di dalam Islam. Bandung: Pustaka .
Rachmawati, E. (2022). Business Law and Business Ethics. DE JURE Critical Laws Journal, 76 -87. doi:https://doi.org/10.48171/jwh.v3i1.47
Rinawati, I., Anas, M. Y., & Manan, Y. M. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Manajemen Pemasaran. Al Iqtishadiyah, 126 - 144. doi:http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v7i2.5706
Sinaulan, R. L. (2016). Pemikiran Hukum Islam dan Epistemologi Teologi Pluralistik. Islamica, 188 - 211. doi:https://doi.org/10.15642/islamica.2016.11.1.188-211
Siregar, E. Y. (2020). Analisis Mekanisme Pasar Menurut Perspektif Islam di Kabupaten Mandailing Natal. Islamic Business and Finance, 60 - 78. doi:http://dx.doi.org/10.24014/ibf.v1i1.9486
Sopingi, I. (2014). Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali : Telaah Kitab Ihya Ulum Al-Din. Iqtishoduna, Vol 10 No 2.
Syarifuddin, S. (2020). Al-Ghazali dan Perilaku Pasar: Perpesktif Etika Bisnis dalam Kitab Ihya Ulum ad-Din. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Volume 6 No (03).
Thaliya, A. (2021). Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi, Efesiensi Pengolahan pada Umkm Terhadap Sistem Sosial Ekonomi Perspektif Ekonomi Islam. Iqtishaduna,, XII, 120 - 135. doi:https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v12i1.3288
Ummah, D. D. (2019). Perilaku Etika Bisnis Pedagang Sayur di Pasar Tradisional Manggisan Tanggul Perspektif Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali. FENOMENA Vol. 18 No. 2, 206.
Waid, A. (2019). Nasihat Nasihat imam al Ghazali, Ibnu Arabi, Jalaludin Rumi dan Ibnu Atha'illah. Yogyakarta: Noktah.
Wibowo, S. (2017). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Widaningsih, R. S. (2020). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam dan Pencapaian Visi Misi Jawa Barat. ATRABIS: Jurnal AdministrasiBisnis, 16 - 27. doi:https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.407
Wikipedia. (2022, 5 31). https://id.wikipedia.org/wiki/Laissez-faire. Diambil kembali dari wikipedia indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Laissez-faire
Zaelani, H. M. (2020). Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (W 751 H/1350 M) tentang Perubahan Fatwa dan Relevansinya dengan Penerapan Hukum Islam Di Indonesia. Al Mashlahah, 285 - 314. doi:http://dx.doi.org/10.30868/am.v8i02.809
Zamzam, F. (2020). Etika Bisnis Islam ; Seni Berbisnis Keberkahan. Yogyakarta : Deepublish .
Refbacks
- There are currently no refbacks.