Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Bank Syariah Mandiri Pekanbaru Cabang Tuanku Tambusai

Authors

  • Dwi Vita Lestari.S Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1119

Keywords:

Efektifitas, Manajemen Konflik

Abstract

Sebuah organisasi mempunyai tujuan utama yaitu menciptakan keunggulan daya saing, termasuk organisasi perbankan syariah. Bank Syariah Mandiri (BSM) Tuanku Tambusai Pekanbaru telah berupaya menjalankan manajemen yang terbaik untuk unggul dalam persaingan. Namun sebagai organisasi yang memuat banyak karyawan, dimungkinkan ada saja terjadinya konflik. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas keefektifan manajemen konflik yang dilakukan oleh BSM Tuanku Tambusai Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan di awal tahun 2020 ini telah menghasilkan simpulan bahwa BSM Tuanku Tambusai Pekanbaru telah secara efektif menjalankan secara sistemik dan rapi tentang menajemen konflik, mulai dengan dari tahapan pencegahan, mengatasi, dan langkah kebijakan yang diambil terhadap konflik. Secara tinjauan syariah Islam, BSM Tuanku Tambusai Pekanbaru juga telah berhasil mengaplikasikan prinsip Islam dalam manajemen konflik, yakni melakukan kompromi, berniat untuk kebaikan bersama, dan bertujuan akhir hanya mengharap ridha Allah SWT.

References

Agus Sabardi, (2001), Manajemen Pengantar, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Communicationista, Manajemen Konflik Dalam Organisasi, http://www.communicatoin.wordpress.com/2010/02/07/manajemen-konflik-dalam-organisasi/, (Diakses pada 31 Janauri 2020)

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah, (2006), Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana.

H. A. Rusdiana, M.M, (2015), Manajemen Konflik, Bandung: Pustaka Setia.

H. Malayu S.P Hasibuan, (2007), Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Hani Handoko, (2001), Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

http://Literaturbook.Blogspot.Co.Id/2014/12/PengertianEfektivitasDanLandasan.Html. (Diakses Pada Tanggal 31 Oktober 2019)

I. Komang Ardana, (2012), et al, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Masyhuri dan Zainuddin, (2006), Metode Penelitian, Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Jakarta: Rajawali Press.

Tho’in, M. (2016). Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada BNI Syariah Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).

Wirawan, (2010), Konflik dan Manajemen Konflik; Teori, Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Salemba Humanika.

Veithzal Rivai Zainal, dkk., (2014), Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pres.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Lestari.S, D. V. (2020). Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Bank Syariah Mandiri Pekanbaru Cabang Tuanku Tambusai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 359–366. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1119

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.