Moderation of Religiosity and Factors that Influence Tourists' Intentions to Visit Halal Tourism Destinations on Lombok Island
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11582Keywords:
Subjective Norm, Attitude, Perceived Behavior, Destination Image, Halal tourismAbstract
Konsep halal saat ini menjadi tren dalam perkembangan ekonomi syariah dunia, yang memunculkan segmen baru dalam pariwisata, yaitu wisata halal, yang kini dianggap sebagai ceruk pasar baru yang menjanjikan. Hal ini juga menjadi peluang besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata halal. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat wisatawan untuk mengunjungi destinasi halal di Pulau Lombok, dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatori yang dirancang untuk menunjukkan kontribusi variabel eksogen terhadap variabel endogen. Populasi penelitian ini terdiri dari wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata halal di Pulau Lombok, dan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, dan total sampel sebanyak 280 responden. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subjektif, sikap, citra destinasi, motivasi berwisata berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata halal di Pulau Lombok. Sedangkan persepsi perilaku tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata halal di Pulau Lombok
Downloads
Published
09-03-2024
How to Cite
Niam, S. K., Slamet, S., & Prajawati, M. I. (2024). Moderation of Religiosity and Factors that Influence Tourists’ Intentions to Visit Halal Tourism Destinations on Lombok Island. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 663–678. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11582
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.