Pengaruh Attitude, Subjektive Norms Dan Perceived Behavior Control Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Bank Syariah

Lisa Asnuri, Asyari Asyari, Anwar Sholihin

Abstract

Theory Planned Behavior (TPB) menjelaskan bahwa sikap terhadap perilaku merupakan pokok penting yang sanggup memperkirakan suatu perbuatan, meskipun demikian perlu dipertimbangkan sikap seseorang dalam menguji norma subjektif serta mengukur kontrol perilaku persepsian orang tersebut. Bila ada sikap yang positif, dukungan dari orang sekitar serta adanya persepsi kemudahan karena tidak ada hambatan untuk berperilaku maka niat seseorang untuk berperilaku akan semakin tinggi. Bank Syariah berperan penting sebagai fasilitator pada seluruh aktivitas ekonomi dalam ekosistem industri halal, yang mana perbankan Syariah di Indonesia sendiri telah mengalami peningkatan dan pengembangan yang signifikan dalam Inovasi produk, peningkatan layanan, serta pengembangan jaringan. Selanjutnya niat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tindakan individu dalam menghindari pendapatan bunga atau bunga bank bentuk lainnya. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan di atas dan penelitian sebelumnya, maka penulis mengambil judul penelitian dengan Pengaruh Attitude, Subjektive Norms dan Perceived Behavior Control terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Bank Syariah Indonesia Cabang Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Hasil penelitian mendukung hipotesis pertama bahwa variabel Attitude berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Variabel Attitude berpengaruh tehadap hasil karena nilai thitung> ttabel atau 11,127> 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 <0,05. Hasil penelitian mendukung hipotesis pertama bahwa variabel Subjektive Norms berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Variabel Subjektive Norms berpengaruh karena nilai thitung> ttabel atau 6,985 > 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 <0,05. Hasil lain variabel Perceived Behavior Control berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Variabel Perceived Behavior Control berpengaruh karena nilai thitung> ttabel atau 8,632 > 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 <0,05.
Studi pengaruh factor Attitude, Subjektive Norms dan Perceived Behavior Control terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Syariah Indonesia telah dilakukan pada respondennya itu pedagang pasar di Lubuk Sikaping. Dari 3 (tiga) hipotesa yang dibuat untuk kasua ini disimpulkan bahwa sikap terhadap perilaku melakukan jasa pembiyaan di bank syariah (attitude) berpengaruh positif terhadap jasa pembiayaan syariah, demikian juga dengan norma subyektif (subjective norm) dan persepsi kendali perilaku (perceived behavior control).

Keywords

Attitude, Subjektive Norms, Perceived Behavior Control, Minat Masyarakat

Full Text:

PDF

References

Ajzen, I. (2011). The Theory of Planned Behaviour: Reactions and Reflections. Psychology and Health.

Arivin, R. (2010). Islamic Banking Sebuah Teori Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bidadari, L. (2020). Aplikasi Theory of Planned Behavior (Tpb) Pada Pengukuran Anggapan Pemasukan Bunga Bank Konvensional. El- Jizya: Harian Ekonomi Islam, 176–209.

Chapra, A., & Khan, T. (2012). Regulation and supervision of Islamic Banks. Islamic Development Bank: Islamic Research & Training Institute.

Danupranata, G. (2013). Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Theory of Planned Behavior (Tpb) Pada Pengukuran Persepsi Pendapatan Bunga Bank Konvensional. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 176–209.

Edriyanti, R. (2020). Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah Dan Npf Terhadap Roa (Studi Kasus BPRS Di Indonesia). Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 63.

Febrian, H., Asyari, Anggraini, D., Hasanah, N. F., & Sholihin, A. (2023). Analisis Penggunaan Berkelanjutan Digital Banking Dengan Fitur Layanan Sebagai Variabel Moderasi Pada Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KC Batusangkar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2135-2145.

Hasan, Z. (2009). Undang-Undang Perbankan Syari’ah Titik Temu Hukum Islam dan Hukum Nasional. Jakarta: PT Rajagrafindo persada.

Hasanah, N. F., Miswardi, Anggraini, D., Febrian, H., & Sholihin, A. (2023). Implementasi Technology Acceptance Model dalam Penggunaan E-Money Terhadap Minat Menggunakan E-Money Dengan Pengaruh Resiko Penggunaan Sebagai Variabel Mediasi Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2520-2530.

Kuncoro, M. (2001). Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sari, D. P., Putri, A., & Sholihin, A. (2023). Konversi Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Menjadi Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dan Pengaruh Terhadap Kinerja Keuangan Pada PT. BPR Jam Gadang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2591-2601.

Sari, K. H., Muhammad, R., Sholihin, A., & Adella, S. (2023). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Pelaku UMKM Dalam Menggunakan Islamic Fintech. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2216-2228.

Sholihin, A. (2021). Rendahnya Minat Perbankan Syariah Terhadap Pembiayaan Mudharabah. Jurnal PROFITA: Akuntansi dan Bisnis, 150-160.

Sholihin, A., & Aulia, B. R. (2022). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di BPRS Ampek Angkek Canduang (Studi Kasus Pedagang Pasar Aur Kuning Bukittinggi). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1193-1204.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alphabet.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.