Pengaruh Atribut Produk dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menabung Generasi Milenial di Bank Syariah Indonesia Kabupaten Purwakarta, Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.12853

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Generasi Milenial, Atribut produk, Kepercayaan masyarakat, Keputusan menabung

Abstract

Pertumbuhan penduduk Indonesia, yang mayoritas beragama Islam, menunjukkan jumlah nasabah di perbankan syariah yang relatif rendah dibandingkan dengan bank konvensional, terutama disebabkan oleh faktor seperti literasi perbankan syariah yang terbatas. Dengan PT. Bank Syariah Indonesia Tbk baru-baru ini menjalani merger dan menargetkan kaum milenial sebagai pasar mereka, penelitian ini berfokus pada populasi milenial di Kabupaten Purwakarta untuk meneliti pengaruh atribut produk dan kepercayaan terhadap keputusan menabung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 392 responden milenial, dengan ukuran sampel minimum ditentukan menggunakan rumus Slovin. Kuesioner disebarkan menggunakan skala Likert, dengan data yang dikumpulkan sebagai data primer dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Penelitian ini telah melalui evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, yang menunjukkan bahwa mayoritas responden cenderung pada kualitas atribut produk yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia yang dilaksanakan dengan baik. Kepercayaan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, yang menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan yang tinggi mencerminkan penerapan prinsip-prinsip Syariah dan integritas yang konsisten oleh Bank Syariah Indonesia, yang tercermin dalam sikap positif mereka dalam melayani anggota atau masyarakat. Selanjutnya, variabel yang memiliki pengaruh terbesar dalam penelitian ini adalah kepercayaan terhadap keputusan menabung, dengan nilai 0.580.

Author Biographies

Hilda Ziradine Syahrani, Universitas Ary Ginanjar

Program Studi Manajemen

Ahmad Maulidizen, Universitas Ary Ginanjar

Program Studi Manajemen

References

Asngari, I. (2014). Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Silatnas IV Fordebi, 630–648.

Fatmariyah, F., Samsuri, A., Yazid, M., & AS, F. (2022). Potret Empiris Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3689–3702. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.5930

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP. Undip.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami Bisnis Bank Syariah. Gramedia.

Iskandar. (2019). Faktor Pendorong Respon Komunitas Pondok Pesantren Madura Terhadap Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(1), 66–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v5i01.363

Joseph F. Hair, J., Hut, G. T. M., Ringe, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publication, Inc.

Marimin, A., Romdhoni, A. H., & Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(2), 75–87.

Maulidizen, A. (2016). Pelaksanaan Penjadualan Semula Pembiayaan Mikro MurÄbaḥah di Bank Syariah Manidiri, Indonesia.

Maulidizen, A. (2018a). A Critical Analysis of Islam, Economy and Finance in the Early 21st Century. Jurnal Hukum Islam, 17(2), 132–151.

Maulidizen, A. (2018b). Analisis Dana Talangan Haji Pada Bank Mega Syariah Cabang Pekanbaru Menurut Hukum Islam. 17(1), 1412–9507. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v17i1.1937

Maulidizen, A. (2018c). Analisis Kritis Pembiayaan MurÄbaḥah Dan Mekanisme Pricing Di Keuangan Islam Modern Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(2), 76–90. https://doi.org/10.29040/JIEI.V4I2.189

Maulidizen, A. (2018d). Dampak Ekonomi Bank dan Nasabah Dari Aplikasi Dana Talangan Haji Pada Bank Mega Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 47–68.

Muflihin, M. D. (2019). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia: Sebuah Kajian Historis. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 67–76.

Purba, A. I. (2021). Pengaruh Merger Bank Syariah BUMN Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia Pada Masyarakat TanjungBalai. Human Falah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(2), 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/hf.v8i2.8858

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabetha.

Wahyuningsih, S., Sutriningsih, S., & Triana, E. S. (2023). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan PT. BPR Araya Arta. Jurnal Eksisbank: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 7(1), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.37726/ee.v7i1.777

Zulkifli, M. F., Taha, R., Awang, R., & Ali, A. (2021). Combating Poverty in Malaysia: The Role of Zakat. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 505–513.

Downloads

Published

15-07-2024

How to Cite

Syahrani, H. Z., & Maulidizen, A. (2024). Pengaruh Atribut Produk dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menabung Generasi Milenial di Bank Syariah Indonesia Kabupaten Purwakarta, Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1860–1870. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.12853

Citation Check

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.