Fenomena Pariwisata Halal di Kota Batu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, H.H., Sartika, M. & Kadarningsih, A. 2018. Desa wisata halal: konsep dan implementasinya di Indonesia. Human Falah, 5(1): 28–48.
Adli, F. 2021. Kontribusi Objek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pelaku Usaha di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru. Al-Amwal, 10(2): 87–111.
Adriana, N., Nurwahidin & Huda, N. et al 2021. Dampak Pandemi Terhadap Pariwisata Halal Jakarta. Jurnal of Middle East and Islamic Studies, 8(1): 1–14.
Ahmed, M.J. & Akbaba, A. 2020. Halal tourism: Definitional, conceptual and practical ambiguities. Journal of tourism research institute, 1(2): 83–100.
Al, A.M., Faridho, Wahyu, R.D. & Setyo 2019. Minat Masyarakat Untuk Mengunjungi Destinasi Pariwisata Halal Pada Lima Kabupaten / Kota Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Pendahuluan. JUMPA, 6(1): 157–182.
Arisanti, Y. & Kurniawan, A. 2022. Wisata Halal Di Beberapa Negara Asean. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3): 5675–5682.
Arta, A.D.& F.K. 2021. Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Halal Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Di Malang Raya. 4(2): 179–187.
Arta, A.D. & Fikriyah, K. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Halal Terhadap Minat Berkunjung pada Objek Wisata di Malang Raya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2): 179–187.
Azizah, R.N. & Kewuel, H.K. 2021. Central Versus Regional : Membaca Konsep Pariwisata Halal Kota Batu. Kuas Lawa, 1(2): 16–35.
Basyariah, N. 2021. Konsep pariwisata halal perspektif ekonomi Islam. Youth & Islamic Economic Journal, 2(01s): 1–6.
BPS, K.B. 2023. Kota Batu dalam Angka 2023. Batu: Badan Pusat Statistik Kota Batu, hal.1–424.
Bustamam, N. & Suryani, S. 2021. Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2).
Chrysnaputra, R.D. & Pangestoeti, W. 2021. Pariwisata Halal Dan Travel Syariah Pasca Pandemi Covid 19. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2): 151–167.
Djakfar, M. 2017. Pariwisata halal perspektif multidimensi: peta jalan menuju pengembangan akademik & industri halal di Indonesia. UIN-maliki Press.
Faizul, A. 2020. Pariwisata Halal dan Peningkatan Kesejaheraan. 1 ed. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Faza, M.A., Ekonomi, F. & Parahyangan, U.K. 2019. Jurnal Manajemen Indonesia Analisis SWOT Pariwisata Halal Provinsi Nusa Tenggara Barat. 19(1): 10–29.
Ferdiansyah, H. 2020. Pengembangan pariwisata halal di Indonesia melalui konsep smart tourism. Tornare: Journal of Sustainable and Research, 2(1): 30–34.
Firdausi, I., Marantika, S., Firdaus, Z.N. & Sajidah, R. 2017. Lombok: Halal tourism as a new Indonesia tourism strategy. International Conference on Humanities. hal.13–14.
Fithriyah, M.U. 2022. Pengembangan Wisata Halal Dengan Model Pentahelix. Jurnal EL-RIYASAH, 13(2): 191–204.
Global Muslim Travel Index, G.M.T.I. 2023. Global Muslim Travel Index 2023 (Mastercard Crescentrating). (June).
Hakim, A.A., Al Hakim, S., Hasanuddin, M. & Ridwan, A.H. 2017. Towards Indonesia halal tourism. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 17(2): 279–299.
Hariani, D. & Dinitri, S. 2020. Strategi Pengembangan Wisata Halal Kota Bogor Dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2): 124–129.
Haryanti, T. 2020. Pengembangan halal tourism dalam menjamin perlindungan hukum bagi wisatawan muslim. Tahkim, 16(2): 369–382.
Hasibuan, I.M., Mutthaqin, S., Erianto, R. & Harahap, I. 2023. Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2).
Hutagaluh, O., Abubakar, A. & Haddade, H. 2022. Pariwisata Halal Menurut Pandangan Al-Qur’an. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 8(2): 168–178.
Ishak, A. 2020. Pandangan Stakeholder Pariwisata Tentang Halal Tourism Dan Branding Yogyakarta. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2): 69–81.
Ismawan, A. & Amalia, K. 2022. Konsep Bisnis Wisata Halal dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra, 3(4): 196–207.
Jaelani, A. 2017. Industri wisata halal di Indonesia: Potensi dan prospek.
Jafari, J. & Scott, N. 2014. Muslim world and its tourisms. Annals of Tourism Research, 44: 1–19.
Kamarudin, L.M. & Ismail, H.N. 2017. Muslim tourism: The tendency of Islamic traveling attributes from Malaysia perspective. Proceedings of the international social science and tourism research conference.
Kemenkominfo, T.K.P. 2019. 5 Tahun Kembangkan Pariwisata Halal, Indonesia Akhirnya Raih Peringkat Pertama Pariwisata Halal Dunia 2019. KOMINFO. Tersedia di kominfo.go.id.
Khalifah, M.H., Azhar, I., Salman, M. & Murni, M. 2023. Religion And Tourism Growth In Aceh: A Conceptual Framework. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 7(1): 101–110.
Kurniawan, F., Soeprijanto, A., Guntur, H.L., Wardhana, M., Abadi, I. & Sayyida, S. 2018. Pemetaan Potensi Wisata Halal Di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 5(2): 59–70.
Laras, A.P. & Gunawijaya, J. 2016. Wisata Halal Di Antara Keuntungan Ekonomi dan Politis. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, 2(1): 1.
Ma’rifah, a.n., nasor, m. & anggraeni, e. 2020. Tingkat Literasi Pariwisata Halal Dan Keputusan Berwisata Pada Wisata Halal (Studi Pada Wisatawan Domestik Di Indonesia). Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 4(1): 16–31.
Musa, G., Mohezar Ali, S. & Moghavvemi, S. 2016. Understanding Islamic (halal) tourism through Leiper’s tourism system. Sedigheh, Understanding Islamic (Halal) Tourism Through Leiper’s Tourism System (July 21, 2016).
Muthmainnah, S.R. & Rubiyanti, R.N. 2020. Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik Minat Wisata Halal ke Luar Negeri dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderator. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(3): 274–285.
Noviantoro, K.M. & Zurohman, A. 2020. Prospek pariwisata syariah (Halal Tourism): Sebuah tantangan di era revolusi industri 4.0. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2): 275–296.
Priyana, E.B., Nugroho, D.S., Wiradharma, G. & Triyanti, N.A. 2022. Identifikasi faktor pendukung pariwisata halal. INOVASI: JUrnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 18(2): 262–266.
Rahman, F.A. 2023. Analisis Perkembangan Wisata Halal Di Jawa Timur Sebagai Tempat Destinasi Muslim Global. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 3(1): 56–66.
Reza, V. 2020. Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2): 106–112.
Rifa’i, M.N. 2019. Integrasi pariwisata halal di Kota Malang. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2): 194–201.
Rimet 2019a. strategi pengembangan wisata syariah di sumatera barat : analisis swot ( Strength , Weakness , Opportunity , Threath ). SYARIKAT: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1): 50–61.
Rimet, R. 2019b. Strategi Pengembangan Wisata Syariah Di Sumatera Barat: Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunity, Threath. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1): 50–61.
Ropik, A. & Kawwami, A.M. 2022. Analisis Wacana “Pariwisata Muslim Friedly” Dalam Perspektif Politik Ekonomi Islam. JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN), 5(1): 1–17.
Rosita, A.N. & Kewuel, H.K. 2021. central versus regional: membaca konsep pariwisata halal kota batu. Kusa Lawa, 1(2): 16–35.
Samsuduha, S. 2020. Wisata Halal Sebagai Implementasi Konsep Ekonomi Syariah. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1): 20–30.
Santoso Hadi & Argubi, A.H. 2019. pengembangan wisata berbasis syariah ( halal tourism ) di kota bima hadi santoso. sadar wisata, 2(1): 40–55.
sariati, n.p. 2019. Lifestyle Generasi Millenial dalam Kerangka Pasar Ekonomi Halal. Istithmar, 3(2).
Satriani, E.D. & Faridah, H.D. 2018. Wisata halal: perkembangan, peluang, dan tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR), 01(02): 32–43.
Saufi, A., Mulyono, L.E.H. & Apriani, B.L. 2020. Pariwisata halal: Perlukah rekonseptualisasi. Jurnal Magister Manajemen Unram Vol, 9(3).
Sayekti, N.W. 2020. Strategi pengembangan pariwisata halal di Indonesia. Kajian, 24(3): 159–172.
Setyowati, A. & Anwar, M.K. 2022. Pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi produk halal masyarakat kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1): 108–124.
Slamet, S., Abdullah, I. & Laila, N.Q. 2022. The contestation of the meaning of halal tourism. Heliyon, 8(3): 1–9.
Subarkah, A.R. 2018. Potensi dan prospek wisata halal dalam meningkatkan ekonomi daerah (studi kasus: Nusa Tenggara Barat). Sospol: Jurnal Sosial Politik, 4(2): 49–72.
Sukirman, D. & Zulkarnaen, W. 2022. Manajemen Pariwisata Halal Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1): 36–47.
Sunardi, H., Nuraeni, S. & La Nurdin, M. 2021. HALTOUR: MEDIA LITERASI WISATA HALAL GENERASI MILLENNIAL. Journal of Halal Product and Research (JHPR), 4(2): 2–78.
Sunaryo, B. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Halal Konsep dan Aplikasinya di Indoneia. Yogyakarta: Gava Media.
Surur, F. 2020. Wisata Halal; Konsep dan Aplikasi. Fadhil Surur.
Syahid, A.R. 2017. Pariwisata Halal: Pengertian, Prinsip dan Prospeknya. online),(https://studipariwisata. com/referensi/pariwisata-halal/, diakses 2 Desember 2022).
Umiyati, S. & Tamrin, H. 2020. Pengembangan Wisata Halal, Tanggung Jawab siapa?. 1 ed. Surabaya: PT Akses Prima Cendekia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i3.15169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.