Pengembangan Manajemen Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau’, Sipakainge’, Sipakalebbi’
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1831Keywords:
tourism and creative economy, halal tourism, local wisdom.Abstract
References
Al-Qur’an Karim
Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Human Falah, 5 (1), 18-48.
Awalia, H. (2017). Komodifikasi Pariwisata Halal NTB Dalam Promosi Destinasi Wisata Islami Di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi, 1 (1), 19-30.
Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Kunjungan Wisata 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Balai Pelestarian Peninggalan Sejarah Dan Purbakala. (2011). Zonasi Gua-Gua Prasejarah Kabupaten Pangkep. Makassar: Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.
Bawazir., T. (2013). Panduan Praktis Wisata Syariah. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.
Bibi, L. (2012, Juni 13). Mengenal Dan Membudayakan Budaya “Sipakatau’`, Sipakainge’ Sipakalebbi’`, Sipatokkong`. Pp. 4-6.
Cangara, S. (2012, 04 29). Identifikasi Dan Pengembangan Nilai-Nilai Modal Sosial Lokal Untuk pencegahan Serta Resolusi Konflik Sosial Masyarakat Di Provinsi Sulawesi Selatan. Http://103.195.142.17/ Handle/123456789/6326.
Erman Syarif Dkk. (2016). Integrasi Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar Dalam Proses pembelajaran Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ipsfis.
Jaelani, A. (2015). Halal Tourism Industry In Indonesia: Potential and Prospects. International Review Of Management And Marketing, 7 (3), 25-34.
Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2019). Laporan Kinerja Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.
Khaerani, R., Pamungkas, P., & Aeni, N. S. (2017). Pengembangan Daya Tarik Wisata Daarus Sunnah Menjadi Wisata Halal. Tourism Scientific Journal, 3(1), 92-113.
Lubis, M. Z. (2018). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis Ovop (One Village One Product). Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1), 31-47.
Mahardika, R. (2018). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Jurnal Hukum Islam, 2 (1), 65-86.
Maida, N. (2016). Pengasuhan Anak Dan Budaya 3s (Sipakatau’, Sipakainge’ Dan Sipakalebbi’) Di Perkotaan. Seminar Nasional“Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global†(Pp. 327-334). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Manara, S. A., & Larasati, P. P. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Nusantara Dalam Pengembangan Indonesia Halal Tourism. Et-Tijarie, 5 (2), 39-52.
Mattalitti, M. A. (1986). Pappaseng To Riolotak. Ujungpandang: Balai Penelitian Bahasa.
Mattulada. (1998). Sejarah, Masyarakat, Dan Kebudayaan Sulawesi Selatan. Makassar: Hasanuddin University Press.
Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
Mulyantari, E. (2018). Pengembangan Objek Wisata Budaya : Taman Prasejarah Leangleang, Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Media Wisata, 16 (1), 684- 697.
Mulyantari, E. (2018). Pengembangan Objek Wisata Budaya: Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Media Wisata, 16 (1), 684-697.
Nur, M. (2009). Pelestarian Kompleks Gua Leang-Leang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada .
Ramadhany, & Ridwan, A. A. (2018). Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage, 3 (1), 93-115.
Riyanto, S. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Buku Republika. Said Dm, M. (1977). Kamus Bahasa Bugis-Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Samingin, & Asmara, R. (2016). Eksplorasi Fungsi dan Nilai Kearifan Lokal dalam Tindak Tutur Melarang di Kalangan Penutur Bahasa Jawa Dialek Standar. Transformika, 2 (1), 98-123.
Subarkah, A. R. (2018). Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat. Intermestic: Journal Of International Studies, 2(2), 188-203.
Supranto, J. (2012). Metode Riset, Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.