Implementasi Syariah Marketing Menggunakan Matriks Boston Consulting Group Pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur

Mu'tadi Muhtadi

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Syariah Marketing menggunakan Matriks Boston Consulting Group Pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur” dengan rumusan masalah Bagaimana penerapan sebuah marketing secara syariah dengan indikator Matriks Boston Consulting Group (BCG) pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur?, terdapat beberapa tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan sebuah marketing secara syariah dengan indikator Matriks Boston Consulting Group (BCG) pada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dipakai berupa hasil wawancara dengan pengurus, manager dan karyawan KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa yang digunakan ialah melihat sebuah posisi dari KSPPS BMT Sri Sejahtera dengan melakukan perhitungan terlebih dahulu dengan mengukur sebuah pangsa pasar dan pertumbuhan pasar secara syariah untuk mengetahui letak dari posisi KSPPS BMT Sri Sejahtera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi yang dimiliki oleh KSPPS BMT Sri Sejahtera berada pada Kuadran I. Artinya ialah posisi dari KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur berada pada posisi Tanda tanya (question mark). “Pertumbuhan pasar yang dimiliki oleh KSPPS BMT Sri Sejahtera dengan mengacu pada laporan keuangan pada tahun 2019 dan 2018 mengalami sebuah peningkatan. Strategi ini perlu dipertahankan agar posisi laporan keuangan selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Sedangkan pangsa pasar ini untuk mencapai nilai standart dari pangsa pasar berdasarkan syariah, pesaing yang harus ditemukan disekitar KSPPS BMT Sri Sejahtera minimal mencapai 50 lembaga keuangan non bank. KSPPS BMT Sri Sejahtera dapat merubah posisi yang saat ini dimilikinya, bisa jadi posisinya menurun menjadi dog, dan bisa jadi naik hingga mencapai posisi bintang (star). Perlu adanya sebuah evaluasi yang harus dilakukan KSPPS BMT Sri Sejahtera agar posisinya mencapai nilai bintang.”
Saran yang dapat diberikan kepada KSPPS BMT Sri Sejahtera yaitu agar mengindetifikasi beberapa pesaing yang ada, mempertahankan kondisi posisi pertumbuhan pasar dengan melakukan sebuah proses pemasaran yang pernah dilakukan dan mengembangkan dengan menyesuaikan perkembangan zaman.

Keywords

JURNAL EKONOMI ISLAM MARKETING

Full Text:

PDF

References

Abdul Manan, Hukum Ekonomi Syariah, (Jakarta: Kencana, 2012), 353.

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004), 5.

David Sukardi Kodrat, Manajemen Strategi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009), 6.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: PT Syamil Cipta Media, 2005).

Dian Sekti Hartoko, “Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode BSC, Matriks BCG dan SWOT”, (Skripsi -- Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2010)

Dinar Anindya Pravita, “Perencanaan strategi pemasaran menggunakan analisa SWOT dan Matriks BCG guna meningkatkan penjualan Produk Sandal pada UD. Kansae Semarang” (Skripsi—Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2013)

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002), 2.

Haradhan Kumar Mohajan, “An Analysis on BCG Growth Sharing Matriks”, International Journal of Business and Management Research, Vol. 2, Issue 1, (November 2017).

Hermawan Kartajaya dan M. Syakir Sula, Syariah Marketing, (Bandung: Mizan, 2006), 143.

Iban Sofyan, Manajemen Strategi, (Yogyakarta: Graha ilmu, 2015), 103.

Ionescu, F. T. (2011). Boston consulting group II–a business portfolio analysis matrix. International Journal of Economic Practices and Theories, Vol. 1 No. 2,

Jusuf Udaya dkk, Manajemen Stratejik, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013), 133-134.

Kamaruddin, “Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam”, Laa Maisyir, Vol. 4, No.1, (Juni 2017), 91.

Karunia Saputra Hidayat, “6 Elemen Penting dari Strategi Pemasaran Produk”, dalam https://www.jurnal.id/id/blog/6-elemen-penting-strategi-pemasaran-produk/, diakses pada 18 November 2019.

M. Suyatno, Strategic Management Global Most Admired Companies, (Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2007), 107.

M. Yusuf S. Barusman dan Soni Gunardi, “Analisis Portopolio Produk Pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung Menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG)”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4, No.2, (April 2014), 147.

Mardani, Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia, (Jakarta: Kencana, 2015), 316.

Myllylä, Y., & Kaivo-oja, J. (2015). Integrating Delphi methodology to some classical concepts of the Boston consulting group framework: arctic maritime technology BCG Delphi foresight—a pilot study from Finland. European Journal of Futures Research, 3(1)

Palia, A. P., De Ryck, J., & Mak, W. K. (2002). Interactive online strategic market planning with the web-based Boston Consulting Group (BCG) Matrix Graphics Package. In Developments in Business Simulation and Experiential Learning: Proceedings of the Annual ABSEL conference (Vol. 29).

Robert Anthony & Vijay Govindrajan, Sistem Pengendalian Manajemen, Edisi 11 Buku 1, (Jakarta: Salemba Empat, 2005),65.

Ryńca, R. (2016). Using the idea of the boston consulting group matrix in managing a university. Journal of Positive Management, 7(1)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012), 9.

Tifany A. Lokatili dan Devie, “Analisa Pengaruh Penggunaan Balanced Scorecard Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan” (Jurnal Business Accounting Review, VOL. 1, NO. 2, 2013), 2.

Veithzal Rivai Zainal dkk, Islamic Marketing Management, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017), 12.

Yanuar Suya Putra, “Analisis Matriks Boston Consultan Grup (BCG) pada Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Pada Pt. Astra Honda Motor Tahun 2013)” (Jurnal—Among Makarti, Vol. 7 No. 13 Tahun 2014)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.