Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Later Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2872Keywords:
Islamic consumption behavior, trust, lifestyleAbstract
References
Ah Khairul Wafa. (2020). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Shopee Pay Later. Hukum Ekonomi Syariah (HES), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, 4, 15.
Alinda Mahdiyan. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan in Store Promotion Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Java Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–11.
Anggraeny Putri, F., & Setyo Iriani, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Menggunakan pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818.
BI.go.id. (2019). Instrumen Pembayaran Non-Tunai. https://www.bi.go.id/id/sistem-%0Apembayaran/instrumen-nontunai/unik/Contents/Default.asp
blog.jakpat.net. (2020). Buy Now, Pay Later! Millennials Credit/Instalment Habit-Survey. Blog.Jakpat.Net. https://blog.jakpat.net/buy-now-pay-later-millenials-creditinstalment-habit-survey-report/
Chen, Y. H., & Barnes, S. (2007). Initial trust and online buyer behaviour. Industrial Management and Data Systems, 107(1), 21–36. https://doi.org/10.1108/02635570710719034
CNNIndonesia. (2018). Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89
databoks. (2020a). Pengunjung Situs Shopee Terbesar di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/pengunjung-situs-shopee-terbesar-di-indonesia
databoks. (2020b). Peta Persaingan E-Commerce Indonesia pada Kuartal II-2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-pada-kuartal-ii-2020
Davis, F. . (1989). Perceived Usefulness Perceived Ease of Use, and User. MIA Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-tunai terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250.
Gunarso, L., Andriano, J., & Sihombing, S. O. (2020). Keterhubungan Antara Kemampuan, Kebajikan (Benevolence), Dan Integritas Perusahaan Terhadap Kepercayaan Dan Partisipasi Pelanggan: Studi Empiris Pada Tokopedia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 330. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.8402
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Ilham, A. A. F. (2020). Kajian Penelitian Tentang Hukum Jual Beli Kredit. Jurnal Suhuf, 32, 50–58.
Iwan Sidharta, B. Z. (2017). Pengaruh transaksi online shopping, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 1–23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1753/1763
John C. Mowen dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen (Bahasa Ind). PT Penerbit Erlangga.
Mannan, M. A., & Sonhadji, H. . (1997). Teori dan praktek ekonomi Islam (H.M. Sonhadji (ed.)). Yogyakarta : Dana Bhakti Prima Yata.
Maulan, R. (2019). Fiqh Muamalah Dalam Islam. In Fiqih Muamalah Dalam Islam.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & David, F. (1995). An Integrative Model of Organozational Trust. 20, 709–734.
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Economic Theory, 56(2), 20–38. https://doi.org/10.1016/0022-0531(82)90041-2
Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458
Rafidah, I., & Djawoto. (2019). Analisis Keamanan Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6, 1–17.
Rahmad, A., Astuti, E., & Riyadi, R. (2017). PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN PENGGUNAAN SMS BANKING (Studi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 36–43.
Ridwan, M., Harahap, I., & Harahap, P. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan). J-EBIS, 3(2), 132–147.
Rised.or.id. (2021). Konsumen Paling Banyak Pakai Paylater di Shopee. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/15/konsumen-paling-banyak-pakai-paylater-di-shopee
Ritonga, H. R. D. A. (2010). Pola Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonom, 13, 3.
Sarwono. (2009). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Inovasi Pertanian, 8, 41–53.
Shodiq, M. (2018). Tips Berbelanja Sesuai Ajaran Islam. Kanigoro Newsline. https://www.kanigoro.com/jalan-pinggir/tipsberbelanja-seusai-ajaran-islam/
Shopee. (2018). Bagaimana cara saya verifikasi identitas? https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-cara-saya-verifikasi-identitas
Sitepu, N. I. (2017). Perilaku Konsumsi Islam Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(1), 91–106. https://doi.org/10.24815/jped.v2i1.6650
Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 209. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1570
Sumarwan. (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.