Pengaruh Religiusitas dan Perilaku Terencana Terhadap Minat Menggunakan Cashless Pada Masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19

Authors

  • Jukri Baharuddin Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3353

Keywords:

Religiusitas, Teori Perilaku Terencana, Minat, Cashless, Kota Jayapura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh religiusitas dan perilaku terencana (sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku) terhadap minat menggunakan cashless pada masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan variabel terikat adalah religiusitas, sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku serta minat sebagai variabel bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa religiustas dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menggunakan cashless pada masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19. Religiusitas, sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan cashless pada masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel religiusitas, sikap dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan cashless dimasa Pandemi covid-19 pada masyarakat Kota Jayapura. Sedangkan norma subyektif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan cashless dimasa Pandemi covid-19 pada masyarakat Kota Jayapura. Selanjutnya uji simultan menunjukan variabel religiusitas, sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku secara bersama berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Author Biography

Jukri Baharuddin, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah

References

Ajzen, Icek. 1991. “Using EPPM to Evaluate the Effectiveness of Fear Appeal Messages Across Different Media Outlets to Increase the Intention of Breast Self-Examination Among Chinese Women.†Health Communication 34, no. 11: 1369–76. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1493416.

El-Menouar, Yasemin. 2014. “The Five Dimensions of Muslim Religiosity . Results of an Empirical Study.†Method, Data, Analyses 8, no. 1: 53–78. https://doi.org/10.12758/mda.2014.003.

Filona, and Misdiyono. 2019. “Factors Affecting the Adoption of Electronic Money Using Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior.†Journal of Business Economics 24, no. 1: 100–113. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i1.1858.

Gloria. 2020. “Perilaku Hidup Sehat Kunci Pencegahan Virus Corona.†2020. https://ugm.ac.id/id/berita/19085perilaku-hidup-sehat-kuncipencegahan-virus-corona%0A.

https://covid19.papua.go.id/. 2021. “Data COVID-19 Provinsi Papua.†2021.

Jurusan, Widi Senalasari and Wahyu Rafdinal. 2021. “Peran Kesiapan Teknologi Dalam Minat Menggunakan†7, no. 1: 22–32.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2020. “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).†MenKes/413/2020 2019: 207.

Marketing.co.id. 2021. “Marketing.†2021.

Nasution, Athirah, Dien Fadhilah, and Muslim Marpaung. 2020. “Pengaruh Religiusitas, Harga Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Transportasi Online†1, no. 2019: 11–19.

Sahlan, Asmaun. 2011. “Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Islam.â€

Schülke, Oliver, and Julia Ostner. 2018. “Male Bonding.†The International Encyclopedia of Biological Anthropology, 1–2. https://doi.org/10.1002/9781118584538.ieba0303.

Tobergte, David R., and Shirley Curtis. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quiooerschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM).†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9: 1689–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Additional Files

Published

29-10-2021

How to Cite

Baharuddin, J. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Perilaku Terencana Terhadap Minat Menggunakan Cashless Pada Masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1306–1312. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3353

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.