Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahsiswa STAI Al-Yasini Pasuruan

Authors

  • Eka Melinda Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i3.14086

Keywords:

Gaya Hidup, Religiusitas, Teman Sebaya, Perilaku Konsumsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dan hasil penelitian ini yaitu gambaran mengenai hubungan sebab-akibat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dengan kuesioner dan didukung data sekunder wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Adapun variabel gaya hidup memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.037 < 0.05. Variabel religiusitas memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Variabel teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, yang mana perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi variabel gaya hidup, religiusitas dan teman sebaya. Peneliti memberikan saran dalam melakukan kegiatan konsumsi hendaknya kita memperhatikan faktor-faktor perilaku konsumsi sehingga kita dapat melakukan konsumsi sesuai kebutuhan tidak berlebihan dan rasional.

Author Biography

Eka Melinda, Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

References

Ainun, Mardhiah, I. (2023) ‘TALENTA Conference Series Analisis Pola Perilaku Konsumsi (Studi Komparatif Antara Mahasiswa Muslim FEB USU dengan Mahasiswa Muslim FEBI UINSU)’, in TALENTA Conference Series, pp. 1–5. doi:10.32734/lwsa.v6i1.1682.

Ajzen, I. (1991) ‘The theory of planned behavior’, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), pp. 179–211. doi:https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Bachri, B.S. (2010) ‘Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif’, Teknologi Pendidikan, 10, pp. 46–62.

Bambang, S. (2021) RELIGIUSITAS Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=u3EYEAAAQBAJ.

BPS (2023) Ekonomi Indonesia Tahun 2022 Tumbuh 5,31 Persen, Bps. Available at: https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/02/06/1997/ekonomi-indonesia-tahun-2022-tumbuh-5-31-persen.html.

C, A.D. et al. (2022) ‘Consumer Behaviour Analysis: Critical Perspectives’, International Journal of Research and Applied Technology, 2(1), pp. 82–90.

Drifanda (2018) ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2), pp. 45–48.

Fadilah, N. (2020) ‘Teori Konsumsi, Produksi dan Distribusi dalam Pandangan Ekonomi Syariah’, Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), pp. 17–38. Available at: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya.

Fattah, F.A. (2017) ‘Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar’.

Fauzziyah, N. and Widayati, S. (2020) ‘Pengaruh Besaran Uang Saku dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet’, Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), p. 24. doi:10.31331/jeee.v1i1.1224.

Hina, H.B. (2023) ‘TEORI KONSUMSI DAN TABUNGAN’, in PENGANTAR EKONOMI MAKRO (TEORI DAN KEBIJAKAN). Media Sains Indonesia, p. 89.

Kurniawan, Y. and Sudrajat, A. (2020) ‘the Role of Peers in the Character Building of the Students of’, IAIN Tulungagung, pp. 1–12.

Lisma, N. and Haryono, A. (2016) ‘Analisis Perilaku konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012)’, JPE (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(1), pp. 41–50.

Makarewicz, A. (2013) ‘Consumer behavior as a fundamental requirement for effective operations of companies’, Journal of International Studies, 6(1), pp. 103–109. doi:10.14254/2071-8330.2013/6-1/10.

Masyhuri, M. et al (2022) Ekonomi Syariah. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Pohan, M. et al. (2022) ‘Model Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Swasta Di Kota Medan’, Owner, 6(2), pp. 1498–1508. doi:10.33395/owner.v6i2.777.

Rahman, A. and Fitrah, M. (2018) ‘Perilaku Konsumsi Masyarakat dalam Perspektif Islam di Kelurahab Berombang Koto Makassar’, Laa Maisyir, 5(1), pp. 18–43. Available at: journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir/article/download/4944/4405%0A.

Rionita, D. and Widiastuti, T. (2019) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Muslim Di Surabaya (Kaidah Konsumsi Islami Menurut Al-Haritsi)’, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(2), p. 288. doi:10.20473/vol6iss20192pp288-304.

Wagle, U.R. (2007) ‘Poverty in Kathmandu: What do subjective and objective economic welfare concepts suggest?’, The Journal of Economic Inequality, 5(1), pp. 73–95. doi:10.1007/s10888-006-9026-8.

Wigati, S. (2011) ‘Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ekonomi Islam’, PrilakuKonsumen, 01(01), p. 18.

Yanti, N. et al (2022) ‘PENGARUH RELIGIUSITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT PENGGUNA GO-FOOD Novi’, Hikmah, 20(1), pp. 121–132.

Yustati, H. (2020) ‘Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Regresi Religiusitas terhadap Konsumerisme pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)’, Jurnal Indo-Islamika, 5(1), pp. 25–50. doi:10.15408/idi.v5i1.14786.

Zainur, Z. (2020) ‘Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam’, Jurnal An-Nahl, 7(1), pp. 32–43. doi:10.54576/annahl.v7i1.3.

Downloads

Published

28-10-2024

How to Cite

Melinda, E. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahsiswa STAI Al-Yasini Pasuruan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(3), 2438–2447. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i3.14086

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.