Analisis Pengaruh Pengetahuan, Budaya, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di KSPPS BMT Muamalat Bekonang

Authors

  • Candra Tri Cahyono ITB AAS INDONESIA, Indonesia
  • Agus Marimin ITB AAS INDONESIA, Indonesia
  • Sri Laksmi Pardanawati ITB AAS INDONESIA, Indonesia

Keywords:

BMT, Pengetahuan, budaya, minat menabung, religiusitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh pengetahuan, budaya, religiusitas terhadap minat menabung menggunakan BMT. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui observasi langsung dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara kepada anggota KSPPS BMT Muamalat Cabang Bekonang. Penelitian ini menggunakan Uji Multikolineritas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan Uji t dan F serta Uji Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota menggunakan BMT. Variabel budaya berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota menggunakan BMT. Variabel religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota menggunakan BMT. Terdapat pengaruh antara pengetahuan, budaya, religiusitas terhadap minat menabung anggota BMT.

References

Abdul Aziz Dahlan (et al), Ensiklopedi Hukum Islam, Cetakan ke I, (Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 1996), hlm. 186

Abdul Manan, Hukum Ekonomi Syariah: dalam Perspektif kewenangan Peradilan Agama, (Jakarta: Kencana, 2012), hlm. 353

Amir, Yulmaida dkk. (2016). Religiusitas dan Spiritualitas: Konsep Yang Sama atau Berbeda. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2 (2)

Ancok, Djamaluddin & Suroso, Fuat N. (2011). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Andespa, Roni. (2017). Pengaruh Budaya dan Keluarga terhadap Minat Menabung di Bank Syariah.

Antonio, Syafii. (1999). Bank Syariah: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press

Darmawan, Darwis dkk. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4 (1)

Ekawati, Putri Ludvyah dkk. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Link, 22 (1)

Gultom, Henry Casandra. (2018). Analisis Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar Berdasarkan Faktor Sosial dan Budaya (Studi Kasus Mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang). Journal of Management & Business, 1 (1)

Haris, Helmi. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Gerbang Media

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2 (2)

Muhammad Agus Rahmadi, Peran Strategis Baitul wa-Tamwil (BMT) sebagai alternatif peningkatan posisi ekonomi Rakyat: studi atas BMT Muhammadiyah “Matahari” di kec. Majenang, Kab. Cilacap, (Yogyakarta: TESIS, 2001), hlm. 22

Muhammad, Ridwan. (2004). "Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sebagai Lembaga Ekonomi Rakyat” (Studi Kasus: di Yogyakarta).

NasNasikhah, Duratun. (2013). Hubungan Antara Tingkat Religiusitas Dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan,Vol. 2 No. 2

Nurul Huda dan Mohammad Heykal, Lembaga Keuangan Islam:TinjauanTeoritis dan Praktis, (Jakarta: Kencana, 2010), hlm. 363

Putribasutami, Cindhy Audina. (2018). Pengaruh Pelayanan Lokasi, Pengetahuan, dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung di Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 6 (3)

Rouf, Abdul. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. Skripsi

Sakti, Indra. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika Dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 9 (1)

Siregar, Sofyan. (2011). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada Budaya di Gunung Kidul Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 10 (1)

Suwarso. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Akademi Akuntansi PGRI Jember). Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4 (2)

Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Tahun 2015 tentang pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah oleh koperasi.

https://sukoharjokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTM0IzI=/banyaknya-koperasi-menurut-jenis-dan-klasifikasinya.html

https://blog.eku.id/mengenal-jenis-jenis-lembaga-keuangan-di-indonesia-dan-fungsinya/

https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzYwIzI=/jumlah-koperasi-aktif-menurut-provinsi.html

https://diskopumdag.sukoharjokab.go.id/

Downloads

Published

11-04-2025 — Updated on 11-04-2025

Versions

How to Cite

Candra Tri Cahyono, Agus Marimin, & Sri Laksmi Pardanawati. (2025). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Budaya, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di KSPPS BMT Muamalat Bekonang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/16949

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.