Analisa Sistem Pembiayan Umum Koperasi Mitra Dhuafa Syariah Terhadap Perekonomian Anggota

Authors

  • Tino Feri Efendi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Dewi Muliasari Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3694

Keywords:

Perekonomian Masyarakat, Grameen Bank, Koperasi Mitra Dhuafa Syariah

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Indonesia merupakan permasalahan besar. Untuk menyelesaikan persoalan kemisikinan ini diperlukan tanggung jawab bersama dari berbagai pihak, dimulai dari pihak Pemerintah, Swasta, lembaga profersi, maupun masyarkat itu sendiri. KOMIDHUSYIAH menerapkan metode Grameen Bank. Metode Grameen Bank merupakan program penyaluran kredit mikro yang lebih ditujukan untuk masyarakat miskin yang berada di pedesaan. Sejak diluncurkan pertama kali di Bangladesh, metode Grameen Bank sudah banyak memberikan manfaat positif bagi pemanfaatnya, sehingga mengundang banyak negara untuk mengadopsi program ini termasuk Indonesia. Jika penerapannya dilakukan secara maksimal, Grameen Bank dipercaya memiliki multifungsi bagi masyarakat miskin. Grameen Bank dirasa memiliki fungsi dalam memberikan fasilitas kredit yang produktif bagi masyarakat desa. Grameen Bank dianggap cocok dengan perilaku dan sifat masyarakat desa, karena menggunakan sistem metode yang mengadospi keuangan dan sistem arisan. Selain itu Grameen Bank dapat memberikan pinjaman tanpa ditetapkan agunan, yang membuat ini lebih dilirik oleh masyarakat desa. Fungsi lainnya selain pemberian kredit, Grameen Bank memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada masyarakat desa, baik pengetahuan mengenai kredit maupun pengelolaan modal yang baik dan benar.Melalui Metode Grameen Bank ini, diharapkan nantinya perekonomian masyarakat desa dapat menjadi lebih berkembang pesat dan lebih produktif.

References

Budiyono, Putri, S. A. R., & Tho’in, M. (2019). Effect of Income Rate, Education, Religiosity to Muzakki Interest to Pay Zakat; Case Study of National Amil Zakat Board Central Java. 101(Iconies 2018), 406–409. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.78

Budiyono, Tho’in, M., Muliasari, D., & Putri, S. A. R. (2021). An analysis of customer satisfaction levels in islamic banks based on marketing mix as a measurement tool. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(1), 2004–2012.

Cahyani, D. I., & Sumadi, S. (2017). Alternatif Sistem Ekonomi Islam Untuk Indonesia Yang Lebih Sejahtera. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02), 88–93. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i02.31

Efendi, T. F. (2020). ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF THE SIMPLE SALARY SIM APPLICATION IN GROGOL DISTRICT, SUKOHARJO. 2020(4), 1363–1372. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/2303/1074

Sumadi, S., & Muliasari, D. (2019). Pengaruh Manajemen Syariah Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Bmt Amanah Berkah Sukoharjo). … Seminar Nasional & Call for Paper …, September, 94–104. http://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/32

Thoi’in, Muhammad; Muliasari, D. (2020). ANALYSIS OF WORK SATISFACTION, ORGANIZATIONAL COMMITMENTS, AND WORK ENGAGEMENT EFFFECT TOWARD EMPLOYEE PERFORMANCE IN SHARIA BANKS. 2020(2), 161–170.

Downloads

Published

22-11-2021

How to Cite

Efendi, T. F., & Muliasari, D. (2021). Analisa Sistem Pembiayan Umum Koperasi Mitra Dhuafa Syariah Terhadap Perekonomian Anggota. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1889–1894. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3694

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.