Pengaruh Penggunaan E-Banking dan Perlindungan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4595Keywords:
Penggunaan e-banking, Perlindungan, Kepercayaan Nasabah, Literasi KeuanganAbstract
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. CV. Andi Offset.
Afifah, R. (2017). Pengaruh manfaat, kemudahan, kepercayaan dan ketersediaan fitur terhadap penggunaan mobile banking bank syariah mandiri. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Agus Yulianto. (2018). Pengaruh literasi keuangan Syariah terhadap keputusan penggunaan produk atau jasa lembaga keuangan Syariah. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.1038/s41
Andi Fauziah, & Tenrypada. (2021). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan resiko terhadap penggunaan e-banking (Survei pada nasabah BRI Syariah di Kota Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.40.74-81
Apriliani, R. (2021). Membangun kepercayaan konsumen dalam bertransaksi secara online. Komunikatorj, 6(3), 120–139.
Batmetan, J. R. (2018). Pengaruh Perilaku Cyber Crime Terhadap Pengguna Aplikasi E-Commerce. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/gukcf
Faruq, D. U. Al. (2019). Pertumbuhan Perbankan Syariah di Malang Meningkat. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/ybD0mWmb-pertumbuhan-perbankan-syariah-di-malang-meningkat
Gilaninia, S, Delafrooz, N., & Machiani, A. R. N. (2012). Identifying effective factors on consumer intention to use mobile banking services. Journal of Basic and and Applied Scientific Research, 2(11), 11014–11020.
Gilaninia, Shahram, Author, C., & Branch, A. (2011). Study of Effective Factors on Customers Trust in Electronic Banking Services ( Case study : Melli Bank in Ardabill City ) M . A . Student of Business Management , Rasht Branch , Islamic Azad University , Rasht , Iran 1- Introduction 2- Theoretical Framewo. 58, 472–478.
Green, S. B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do A Regression Analysis. Multivariate Behavioral Research, 26(3), 499–510. https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603_7
Heryani, I. I. P., Simanjuntak, M., & Maulana, A. (2020). Perilaku Penggunaan Internet Banking Sebagai Alat Transaksi Finansial. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17358/jabm.6.1.86
Ichsanti, I. (2017). Pengertian Variabel Independen, Dependen, Moderating, serta Intervening [Lengkap]. In akuntansilengkap.com.
Indah, D. (2016). Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 545–554.
Jatmiko, L. D. (2020). APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet. Www.Bisnis.Com.
Kadek, N., Diah Pratiwi, P., & Sukarnasih, D. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Masyarakat Denpasar Selatan. TIERS Information Technology Journal, 1(2), 26–33. http://journal.undiknas.ac.id/
Khoirunnisa, E. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Banking, Kepercayaan (TRUST) Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta. IAIN Salatiga.
Mayasari, S. (2021). Transaksi perbankan melalui digital banking terus meningkat di tengah pandemi. Kontan.Co.Id.
Munajim, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan Pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, 2(1), 1–10.
Nugroho, W., & Soliha, E. (2018). E-Banking, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan ( Studi pada Nasabah Bank Sinarmas KCP Sultan Agung Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 25(2).
Palupi, A. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan QRIS Pada UMKM Di Kecamatan Beji Dan Sukmajaya Kota Depok. Politeknik Negri Jakarta.
Pinontoan, W. (2013). Pengaruh e-banking, kualitas pelayanan, kualitas komunikasi dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Manado. Emba, 1(4).
Purnami, R. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan, Kepuasan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Layanan E-Banking Bank Mandiri Di Surabaya. Doctoral Dissertation, STIE Perbanas Surabaya.
Rahmah, Y N. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Daerah Istimewa …. In Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/185259188.pdf
Rahmah, Yuslia Naili. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Masyarakat Denpasar Selatan. TIERS Information Technology Journal, 1(2), 26–33. https://core.ac.uk/download/pdf/185259188.pdf
Riski, D. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kompetensi Individu Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah (Studi Pada Masyarakat Pesisir Di Kota Banda Aceh). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Romadon, A. S., & Nurhapsari, R. (2020). Pengaruh kemudahan terhadap keputusan menggunakan e-banking pada BNI 46 kc Karangayu Semarang dengan minat nasabah dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2847
Salem, M. Z., Baidoun, S., & Walsh, G. (2019). Factors affecting Palestinian customers’ use of online banking services. International Journal of Bank Marketing, 37(2). https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2018-0210
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture. 4(1), 62–72.
Sholeh, B. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 57. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.p57-67.4306
Usman, O., Monoarfa, T. A., & Marsofiyati. (2020). E-banking and mobile banking effects on customer satisfaction. Accounting, 6(6). https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.7.006
Utami, R. M. P. (2020). Pengaruh Penggunaan E-Banking, Kepercayaan dan Kualitas PelayananTerhadap Loyalitas Bank BNI Syariah KCP Cilacap. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Wahyuningsih, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. 1–105.
Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–10.
Yasin, R. M., Lailyah, N., & Edris, M. (2021). Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 75. https://doi.org/10.29300/ba.v6i1.4117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.