PENGARUH PERAN MANAJER, KUALITAS PELAYANAN ISLAMI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN BEKAM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MITRA SEHAT THIBUN NABAWI DI MASA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6752Keywords:
The Role of Managers, the Quality of Muslim Servants, Trust, Latisfaction and Loyalty.Abstract
References
Achmad S. Supriyanto dan Masyhuri Machfudz. 2010. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Malang Press. hlm. 284 – 285
Agustin, Farida, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gama Panca Makmur Di Tangerang’, JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4.2 (2021), 128 <https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9081>
Amstrong, Gary & Kotler, Philip, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Prenhalindo, 2012.
Arief, Muhtosim, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan agar Memuaskan Pelanggan), Malang: Bayumedia Publishing, 2007.
Ashraf, M. Ghafrat, Include the Position of Islamic Banking, Service Quality, Satisfaction, Trust and Loyalty in the Context of an Integrated Model for Islamic Finance. European Journal of Business and Management, 2014.
Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Budiastuti. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Trans Info Media. Jakarta. 2002
Burhan Bungin, M. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Edisi Pertama, 2006
Gibson, Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan, (Jakarta: PT. Indeks 2005.
Griffin, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gajah Mada Pres, 2006.
Hasan, Ali, Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkkatkan Pertumbuhan pasar Bank Syariah, Bandung: Ghalia Indonesia, 2010.
Herry Sutanto dan Khaerul Umam. Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Pustaka Setia, Bandung. 2013, hlm.294
Heri Setiawan, Maria Magdalena, Minarsih, Azis Fathoni, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening’, Journal Of Management, 2.2 (2016), 1–17
Hidayat, Rachmad, et al., “Effects Of Service Quality, Customer Trust And Customer Religious Commitment On Customer Satisfaction And Loyalty Of Islamic Banks In East Java.†Jurnal Al-Iqtishad: Vol. VII No.2, Juli 2015.
https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/permen-kesehatan-nomor-9 tahun-2014-tentang-klinik
Handi Irawan, Prinsip Kepuasan Pelanggan, (Jakarta: PT Elek Media Komposindo), 2002,
Hurriyati, Ratih, Bauran Pemasana dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabetha, 2010.
Juanim, Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran Teknik Pengolahan Data SPSS & LISREL, Bandung: Universitas Pasundan, 2004.
Kennedy. (2009). Does patient satisfaction affect patient loyalty? International Journal of Health Care Quality Assurance. Vol.24 No.4 , 266-273.
Khadka, Kabu, and Soniya Maharjan. Customer Satisfaction and Customer Loyalty: Case Trivsel Städtjänster. Thesis, Jakobstad: Centria University of Applied Sciences, 2017.
Khairizah, Astria, Irwan Noor, Agung Suprapto, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, and Universitas Brawijaya, ‘( Studi Pada Karyawan Di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang )’, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 7, Hal. 1268-1272, 3.7 (2016), 1268–72
Kamaludin, Ridlwan, Pengalaman Pasien Hipertesni yang Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam Di Kabupaten Banyumas. Jakarta: Faklutas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, diterjemah. Hendra Teguh dan Antonius Rusli, Jakarta: Prenhallindo, 2009.
Kotler, K Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga, 2009
Kotler, Philip, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.
Kuat Ismanto, Manajemen Syari‟ah: Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syari‟ah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009, hlm. 35
Luthfiya Fathi Pusposari, Luthfiya, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KPRI UNIBRAW Malang, Skripsi Fakultas UIIS Malang 2003.
Maulana, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gunung Agung, 2005.
Meesala, A., & Paul, J. (2016). Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 261-269.
Miscbach, et Al, Islamic Bank, Service Quality And Trust: Study on Islamic Bank In Makassar Indonesia. International Journal of Busines and Management; Vol. 8 No. 5, 2013.
Napitupulu, Eva, and Lukiyana, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pt.Taksi Blue Bird Group Jakarta’, Jurnal Online Internasional & Nasional, 5.2 (2017), 71
Nursalam. 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Philip Kotler, Kevin Keller L, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2013.
Prabantari, Bertilla Vanessa Kusuma, ‘Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Transjakarta’, Jurnal Transaksi Vol., 12.1 (2020), 25–39 http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/1984/1023
Priansa, Donni Junni, Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2017.
Rangkuti, Freddy, Measuring Costomer Satisfiction, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum 2006.
S.P Hasibuan, Melayu, Manajemen:Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Sekaran, Uma, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Siregar, Syofian, Statistic Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012
Taufiq Amir, M. Dinamika Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Thijiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra, Service, Quality &Satisfiction, Yogyakarta: Andi 2005.
Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Thomas, B. & Tobe, J. 2013. Anticipate: Knowing What Customers Need Before They Do. Avaliable:http://site.ebrary.com/lib/samk/home.action. Diakes 27 November 2018
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa,Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Surabaya: Andi Publisher, 2014.
Tjiptono, Fandy, Total Quality Service, Yogyakarta: Andika, 2005.
Tumini. Dan Pratiwi, Mega Dwi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Otobus Akas Iv Probolinggo.Prosiding Seminar Nasional, Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal,Isbn 978-602-60569-2-4, Pages.286-300
Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami, Gema Insani Press, Jakarta, 2002.
Utami, Chiristina, dan Whidya, Manajemen Ritel, Jakarta: Salemba Empat 2006.
Suratri MAL, Sintawati FX, Andayasari L. Knowledge, Attitudes and Behavior of Parents about Oral and Dental Health among Kindergarten Age Children in The DIY Province and Banten Province. 2014. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018; 26(2): 119-126.
Wahyuningsih, Ayu, and Endah Wartiningsih, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengruh Kepuasan Konsumenn Pengguna Trasnportasi Umum Transjakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta)’, Epigram, 15.1 (2018), 17–26 https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1213
Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.
Zeithaml, V., Berry, L., and Parasuraman, A.1993. The nature and determinants ofcustomer expectations of service. Journal of the Academy of MarketingScience,1(21):1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.