PENGARUH PERAN MANAJER, KUALITAS PELAYANAN ISLAMI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN BEKAM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MITRA SEHAT THIBUN NABAWI DI MASA COVID-19

Authors

  • Nurfatimah Munthe Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Mustafa Kamal Rokan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Nur Ahmadi Bi Rahmani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6752

Keywords:

The Role of Managers, the Quality of Muslim Servants, Trust, Latisfaction and Loyalty.

Abstract

This study aims to determine the influence of the role of managers, the quality of Islamic service and trust in customer loyalty with satisfaction as an intermediate variable in Mitra Sehat Thibun Nabawi during the Covid-19 period. This research method uses a quantitative method approach with path analysis and uses the help of the SPSS version 26 program. This study used a questionnaire with a sample of 100 respondents. The results showed that partially the role of managers, service quality and trust affect customer satisfaction. In part, the role of managers and trust affects loyalty while the quality of service has no effect. Satisfaction as an intervening variable also affects the relationship between manager roles and trust in loyalty with a trust level of 95% or an error rate of 5%.

References

Achmad S. Supriyanto dan Masyhuri Machfudz. 2010. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Malang Press. hlm. 284 – 285

Agustin, Farida, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gama Panca Makmur Di Tangerang’, JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4.2 (2021), 128 <https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9081>

Amstrong, Gary & Kotler, Philip, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Prenhalindo, 2012.

Arief, Muhtosim, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan agar Memuaskan Pelanggan), Malang: Bayumedia Publishing, 2007.

Ashraf, M. Ghafrat, Include the Position of Islamic Banking, Service Quality, Satisfaction, Trust and Loyalty in the Context of an Integrated Model for Islamic Finance. European Journal of Business and Management, 2014.

Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Budiastuti. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Trans Info Media. Jakarta. 2002

Burhan Bungin, M. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Edisi Pertama, 2006

Gibson, Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan, (Jakarta: PT. Indeks 2005.

Griffin, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gajah Mada Pres, 2006.

Hasan, Ali, Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkkatkan Pertumbuhan pasar Bank Syariah, Bandung: Ghalia Indonesia, 2010.

Herry Sutanto dan Khaerul Umam. Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Pustaka Setia, Bandung. 2013, hlm.294

Heri Setiawan, Maria Magdalena, Minarsih, Azis Fathoni, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening’, Journal Of Management, 2.2 (2016), 1–17

Hidayat, Rachmad, et al., “Effects Of Service Quality, Customer Trust And Customer Religious Commitment On Customer Satisfaction And Loyalty Of Islamic Banks In East Java.†Jurnal Al-Iqtishad: Vol. VII No.2, Juli 2015.

https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/permen-kesehatan-nomor-9 tahun-2014-tentang-klinik

https://www.kemendagri.go.id/berita/baca/30573/sebanyak-437-juta-jiwa-295-penduduk-Sumut-tinggal-di-Medan-dan-Deliserdang

Handi Irawan, Prinsip Kepuasan Pelanggan, (Jakarta: PT Elek Media Komposindo), 2002,

Hurriyati, Ratih, Bauran Pemasana dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabetha, 2010.

Juanim, Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran Teknik Pengolahan Data SPSS & LISREL, Bandung: Universitas Pasundan, 2004.

Kennedy. (2009). Does patient satisfaction affect patient loyalty? International Journal of Health Care Quality Assurance. Vol.24 No.4 , 266-273.

Khadka, Kabu, and Soniya Maharjan. Customer Satisfaction and Customer Loyalty: Case Trivsel Städtjänster. Thesis, Jakobstad: Centria University of Applied Sciences, 2017.

Khairizah, Astria, Irwan Noor, Agung Suprapto, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, and Universitas Brawijaya, ‘( Studi Pada Karyawan Di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang )’, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 7, Hal. 1268-1272, 3.7 (2016), 1268–72

Kamaludin, Ridlwan, Pengalaman Pasien Hipertesni yang Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam Di Kabupaten Banyumas. Jakarta: Faklutas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, diterjemah. Hendra Teguh dan Antonius Rusli, Jakarta: Prenhallindo, 2009.

Kotler, K Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga, 2009

Kotler, Philip, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.

Kuat Ismanto, Manajemen Syari‟ah: Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syari‟ah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009, hlm. 35

Luthfiya Fathi Pusposari, Luthfiya, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KPRI UNIBRAW Malang, Skripsi Fakultas UIIS Malang 2003.

Maulana, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gunung Agung, 2005.

Meesala, A., & Paul, J. (2016). Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 261-269.

Miscbach, et Al, Islamic Bank, Service Quality And Trust: Study on Islamic Bank In Makassar Indonesia. International Journal of Busines and Management; Vol. 8 No. 5, 2013.

Napitupulu, Eva, and Lukiyana, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pt.Taksi Blue Bird Group Jakarta’, Jurnal Online Internasional & Nasional, 5.2 (2017), 71

Nursalam. 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Philip Kotler, Kevin Keller L, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2013.

Prabantari, Bertilla Vanessa Kusuma, ‘Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Transjakarta’, Jurnal Transaksi Vol., 12.1 (2020), 25–39 http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/1984/1023

Priansa, Donni Junni, Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2017.

Rangkuti, Freddy, Measuring Costomer Satisfiction, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum 2006.

S.P Hasibuan, Melayu, Manajemen:Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Sekaran, Uma, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Siregar, Syofian, Statistic Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012

Taufiq Amir, M. Dinamika Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Thijiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra, Service, Quality &Satisfiction, Yogyakarta: Andi 2005.

Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Thomas, B. & Tobe, J. 2013. Anticipate: Knowing What Customers Need Before They Do. Avaliable:http://site.ebrary.com/lib/samk/home.action. Diakes 27 November 2018

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa,Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Surabaya: Andi Publisher, 2014.

Tjiptono, Fandy, Total Quality Service, Yogyakarta: Andika, 2005.

Tumini. Dan Pratiwi, Mega Dwi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Otobus Akas Iv Probolinggo.Prosiding Seminar Nasional, Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal,Isbn 978-602-60569-2-4, Pages.286-300

Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami, Gema Insani Press, Jakarta, 2002.

Utami, Chiristina, dan Whidya, Manajemen Ritel, Jakarta: Salemba Empat 2006.

Suratri MAL, Sintawati FX, Andayasari L. Knowledge, Attitudes and Behavior of Parents about Oral and Dental Health among Kindergarten Age Children in The DIY Province and Banten Province. 2014. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018; 26(2): 119-126.

Wahyuningsih, Ayu, and Endah Wartiningsih, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengruh Kepuasan Konsumenn Pengguna Trasnportasi Umum Transjakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta)’, Epigram, 15.1 (2018), 17–26 https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1213

Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Zeithaml, V., Berry, L., and Parasuraman, A.1993. The nature and determinants ofcustomer expectations of service. Journal of the Academy of MarketingScience,1(21):1–12.

Downloads

Published

28-11-2022

How to Cite

Munthe, N., Rokan, M. K., & Bi Rahmani, N. A. (2022). PENGARUH PERAN MANAJER, KUALITAS PELAYANAN ISLAMI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN BEKAM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MITRA SEHAT THIBUN NABAWI DI MASA COVID-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3761–3769. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6752

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)