Analisis Preferensi Masyarakat Kalimantan Selatan Pada Bank Syariah Pasca Merger 3 Bank Umum Syariah (BUS)

Authors

  • Haris Faulidi Asnawi, Atika Zahra Maulida, Muhammad Qamaruddin

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6886

Keywords:

Literasi, Inklusi, Reputasi, Religiusitas, Preferensi Masyarakat, Merger

Abstract

Berangkat dari adanya merger 3 Bank Umum Syariah (BUS) yaitu, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah penelitian ini dilakukan sehingga bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel Literasi, Inklusi, Reputasi dan Religiusitas terhadap preferensi masyarakat Kalsel pada Bank Syariah Pasca Merger 3 BUS tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan deskriptif kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) secara simultan, adanya pengaruh dari seluruh variabel independen penelitian terhadap preferensi masyarakat Kalimantan Selatan pada Bank Syariah pasca merger 3 bank umum syariah, 2) secara parsial hanya variabel reputasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y.

Author Biography

Haris Faulidi Asnawi, Atika Zahra Maulida, Muhammad Qamaruddin

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin

References

Agarwal, T. (2016). An Analysis of the Twin Pillars of Banking in India: Financial Literacy and Financial Inclusion. Wealth: International Journal of Money, Banking & Finance, 5(1).

Agus Widarjono. (2013). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews. UPP STIM YKPN.

Antara, P. M., Musa, R., & Hassan, F. (2016). Bridging Islamic financial literacy and halal literacy: The way forward in halal ecosystem. Procedia Economics and Finance, 37, 196–202.

Fauzi, R. N. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGETAHUAN AGAMA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), Art. 1.

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. Balance Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 485–495. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

idxchannel. (2021). Terus Bertumbuh, Bank Syariah Indonesia BSI Kini di Posisi ke-7 Bank NasionalRI.https://www.idxchannel.com/.https://www.idxchannel.com/banking/terus-bertumbuh-bank-syariah-indonesia-bsi-kini-di-posisi-ke-7-bank-nasional-ri

Imamuddin, M. (2018). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi TA 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1).

Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention?Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), Art. 1. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i1.5630

KNEKS & IAEI. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Syariah Daerah 2019-2020. Direktorat Infrastruktur Ekosistem Syariah, KNEKS.

Nugroho, A. P., Hidayat, A., & Kusuma, H. (2017). The influence of religiosity and self-efficacy on the saving behavior of the Іslamic banks. Banks and Bank Systems, 12(3), 35–47. https://doi.org/10.21511/bbs.12(3).2017.03

Prastiwi, I. E., & Anik, A. (2020). The impact of credit diversification on credit risk and performance of Indonesian banks. Global Review of Islamic Economics and Business, 8(1), 013-021.

Puspitasari, S., Mahri, A. J. W., & Utami, S. A. (2020). INDEKS INKLUSI KEUANGAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2015-2018. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(1), 15–31.

Rahardi, N., & Wiliasih, R. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap hotel syariah. Jurnal syarikah: jurnal ekonomi islam, 2(1).

Septiana, A. (2018). Tinjauan Perilaku Konsumtif Masyarakat Pesisir Dalam Islam (Studi Kasus pada Masyarakat Pesisir Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan). Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 5(2), 95–107.

Setiawati, R., Nidar, S. R., Anwar, M., & Masyita, D. (2018). Islamic financial literacy: Construct process and validity. Academy of Strategic Management Journal, 17(4), 1–12.

Tarigan, R. M. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Program Studi Strata-1 Manajemen Ekstensi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Wiyono, W. M. (2021). Dampak Merger 3 (Tiga) Bank Syariah Bumn Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah. Cakrawala Hukum: Majalah Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma, 23(1), Art. 1. https://doi.org/10.51921/chk.v23i1.142

Yulianto, A. (2018). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK ATAU LAYANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11599

Downloads

Published

09-03-2023

How to Cite

Muhammad Qamaruddin, H. F. A. A. Z. M. (2023). Analisis Preferensi Masyarakat Kalimantan Selatan Pada Bank Syariah Pasca Merger 3 Bank Umum Syariah (BUS). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 463–469. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6886

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.