Analisis Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Wisatawan (Studi Kasuh Wisata di Aceh)

Anio Indah Lestari, Reni Ria Armayani Hasibuan, Wahyu Syarvina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari daya tarik wisata dan destination image yang terhadap keputusan wisatawan berwisata ke Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orzng, dengan teknik penarikan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat SPSS Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata ke Kota Banda Aceh, dan destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata ke Kota Banda Aceh. Kemudian daya tarik wisata dan destination image wisata halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata ke Kota Banda Aceh. Hal ini didapatkan berdasarkan pengujian perbandingan Fhitung 19.074 < Ftabel 3,09 dengan nilai sig. sebesar (0,000 < 0,05). Pemerintah sangat mendukung pariwisata halal aceh lewat berbagai program dan perencanaanya, namun harus didukung juga dari berbagai pihak seperti dari para pelaku usaha, masyarakat dalam pengembangannya, agar tercapai visi dinas pariwisata yang ingin menjadikan Aceh sebagai wisata halal nasional, hal ini juga sangat baik dampaknya untuk memajukan perekonomian masyarakat.

Keywords


Daya Tarik Wisata, Destination Image, Keputusan Berkunjung Wisatawa, Peran Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Ab, A. (2018). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Intensi Wisatawan Berkunjung Kembali di Destinasi Sulawesi Selatan. Sosiohumaniora Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(3), 208.

Aceh, B. K. B. (2020). No Titl.

An-Nabahan, M. Faruq, 2002. Sistem Ekonomi Islam (Pilihan Setelah Kegagalan Sistem Kapitalis dan Sosialis). UII Press, Yogyakarta

Antariksa, B. (2016). Kebijakan Pembangunan Kepariwisataan. Intrans Publishing.

Cheriatna. (2018). Laris Manis Bisnis Wisata Halal. Gema Insani.

Daly, F. P. (2019). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung ke Kota Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanif, A., & Et.al. (2016). Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 46.

Ismayanti. (2009). Pengantar Pariwisata. Grasindo.

Isnaini, & Et.al. (2013). Pedoman Praktikum SPSS & Bank Mini. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Jaelani, A. (2017). Industri wisata halal di Indonesia: Potensi dan Prospek. Munich Personal RePEc Archive (MPRA), 76237.

Kabu, M. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Aksesibilitas Terhadap Kunjungan Wisata ke Desa Boti Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Tourism, 2, 26.

Kemepar RI. (2020). , 5 Tahun Kembangkan Pariwisata Halal Indonesia Akhirnya Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019. Https://Maritim.Go.Id/5-Tahun-Kembangkan-Pariwisata-Halal-Indonesia-Akhirnya-Raih-Peringkat-Pert Ama-Wisata-Halal-Dunia-2019/.

Levinanda, S. S. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan di objek wisata Masjid Agung Jawa. Universitas Diponegoro.

Muhammadiyah, S. (1988). Industri Pariwisata. PP Muhammadiyah.

Muljadi, A. J., & Warman, A. (2016). Kepariwisataan dan Perjalanan. Raja Grafindo Persada.

Nawari. (2010). Analisis Regresi. PT Elex Media Komputindo.

No Title. (n.d.). Bandaacehkota.Go.Id.

Pendit, N. S. (1994). Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramita.

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2007). Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Prayatno, D. (2010). Paham Analis Statistik data dengan SPSS. Media Kom.

Rahmani, N. A. B. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. FEBI UINSU Press.

Rahmi, N. (2017). Kajian Ekonomi Pariwisata Syariah Kota Banda Aceh. Jurnal Samudra Ekonomi Dan BIsnis, 8(1), 577.

RI, K. A. (2010). Sygma Al-Qur’an dan Terjemahan.

Rulloh, N. (2019). Pengaruh Kunjungan Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Samori, Z., Salleh, N. ., & Khalid, M. . (2016). Current Trends in Halal Tourism: Cases on Selected Asian Countries. Jurnal Tourism Management Perspectives, 19, 131–136.

Santosa, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Param. Alex Media Komputindo Gramedia.

Santosa, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Alex Media Komputindo Gramedia.

Sanusi, A. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Saptutyningsih, E., & Satyaningrum, E. (2019). No Title. Gosyen Publishing.

Sedamayanti. (2013). embangun dan Mengembangkan Kebudayaan dan Industri PariwisataNo Title. Refika Aditama.

Setiawan, A., & Et.al. (2009). Aplikasi Metodologi dan Statistik Penelitian. Nuha Medika.

Setiawan, R. (2020). Wonderful Indonesia Raih Banyak Penghargaan. Https://Travel.Detik.Com/Travel-News/d-4552502/Wonderful-Indonesia-Raih-Banyak-Penghargaan-Ini-Kata-Menpar.

Soehartono, I. (2008). Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Lainnya. Remaja Rosdakarya.

Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata Sebagai “Systematic Linkage. Gramedia Pustaka Utama.

Sucipto, H., & Andayani, F. (2014). Wisata Syariah Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya,. Grafindo Books Media dan Wisata Syariah Consulting.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2008a). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Alfabeta.

Sugiyono. (2008b). Metode Penelitian dan Bisnis; Pendekatan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharyadi, & Purwanto. (2009). Statistik: Untuk Ekonomi Keuangan Modern Edisi 2. Salemba Empat.

Suparmin, S., & Yusrizal. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal di Provinsi Sumatera Utara. Tansiq, 1(2), 192.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.

Suyitno. (2001). Perencanaan Wisata. Kanisius.

Syahriza, R. (2014). Pariwisata Berbasis Syariah: Telaah Makna Kata Sara dan Derivasinya dalam Al-Qur’an. Human Falah, 1(2), 136.

Tarigan, A. A. (2012). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. La Tansa Press.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Tukiran, & Mustafidah. (2014). Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Warpani, S. P., & Warpani, I. P. (2007). Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah. ITB.

Yoeti, O. A. (1982). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa.

Yoeti, O. A. (2008a). Ekonomi Pariwisata Introduksi Informasi dan Aplikasi. Buku Kompas.

Yoeti, O. A. (2008b). Pemasaran Pariwisata. Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

situs slot