Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Sektor Mikro di Kota Bukittinggi Dengan Peran Pemerintah Sebagai Variabel Moderasi Perspektif Ekonomi Syariah

Vewi Julita, Hesi Eka Puteri, Muhammad Muda Harahap, Sadikin Sadikin, Anwar Sholihin

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi, dimana terdapat inkosistensi antara teori dan penelitian terdahulu dengan permasalahan yang terjadi dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandemic Covid-19 terdapat pendapatan sector mikro di Kota Bukittinggi dengan peran pemerintah sebagai variable moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder dan primer. Populasi penelitian Ini adalah pelaku sector mikro bidang kuliner yang terdapmak Covid-19. Sampel penelitian ini di ambil secara purvosivesampling sehingga diperoleh sampel 50 pelaku sector mikro yang terdampak Covid-19 di Kota Bukittinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode PLS ( Partial Least Square ) melalui Warp PLS Sofware 7.0. hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable Covid-19 memiliki hubungan negative signifikan terhadap pendapatan sector mikro di Kota Bukittinggi, nilai R-Squared coefficients sebesar 0.181 (18%), (P-Value 0.010). peran pemerintah sebagai variable moderasi, tidak mampu memperlemah pengaruh Covid-19 terdapat pendapatan sector mikro di Kota Bukittinggi, dengan nilai R-Squared coefficients 0.191 (19%). (P-Value 0.175). kontribusi peran pemerintah dalam penelitian ini yaitu memberikan bantuan UMKM kepada para pelaku sector mikro di Kota Bukittinggi sudah terlaksana, tetapi belum mampu memperlemah variable Covid-19 terhadap pendapatan sector mikro. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah Kota Bukittinggi agar selalu dapat memberikan perhatian khusus untuk para pelaku sector mikro supaya bisa bertahan dan meningkatkan pendapatannya pada masa New Normal. Pemerintah selalu berperan aktif untuk mendukung pencapaian dalam meningkatkan sector mikro di Kota Bukittinggi. Menurut Perspektif Ekonomi Islam dengan adanya tolong menolong (ta’awun) yang merupakan prinsip dasar dari Ekonomi Syariah dapat membangkitkan kembali perekonomian para pelaku UMKM.

Full Text:

PDF

References

Al-Nabhani, T. (2009). Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perpektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

Amri, A. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand , 123-34.

Aryansah, J. E. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional (Pp. 313–29). Bandung: Avoer XII.

Chapra, M. U. (2001). Masa Depan Ilmu Ekonomi Sebuah Tinjauan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan , 127–35.

Hendrayadi, & Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasinya Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenamedia Group.

Maharani, M. D. (2021). Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Permintaan Pasar Sasirangan Pada UMKM Di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Studi Kasus UMKM Muslim). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 1286–92.

Novitaningtyas, H. E. (2020). Analisis Aspek Pemasaran UMKM Di Masa Resesi Global Dampak Dari Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis , 34-48.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis , 109.

Salam, M. A. (2020). ‘Perilaku Produksi Di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 Dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi , 1-21.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sayuti, R. H., & Hidayati, S. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat Di Nusa Tenggara Barat. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual , 133–50.

Sholihin, D. R. (2013). Analisis SEM-PLS Dengan Warppls Untuk Hubungan Non Linier Dalam Penelitian Sosial Dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sumadi, S., Romdhoni, A. H., & Fatakhurohim, F. (2022). Analisis Faktor Kepercayaan, Manfaat Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat di Boyolali). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2195-2201.

Supranto. (1993). Metode Ramalan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Triono, D. C. (2017). Ekonomi Pasar Syariah Ekonomi Islam Madzhab Hamfara, Jilid 2. Yogyakarta: Irtikaz.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibawa, P. A. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Menangani Covid-19. Ganesha Civic Education Journal , 143-52.

Yatim, R. (2001). Mrtodologi Penelitian. Surabaya: SR.

Zulganef. (2003). Metode Penelitian Sosial & Bisnis. Yogakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.