Pemikiran Ekonomi Muslim Klasik Masa Al-Ghazali

Vita Ditya Wardani, Nurwahidin Nurwahidin

Abstract

Pemikiran ekonomi islam terlahir dari kenyataan bahwa islam adalah sistem yang diturunkan Allah kepada seluruh manusia untuk menata seluruh aspek kehidupannya dalam seluruh ruang dan waktu. Salah satu tokoh pemikiran ekonomi di kalangan umat Islam yaitu Al-Ghazali dengan pemikirannya tentang pemikiran sukarela dan evolusi pasar yang menjelaskan terkait konsep harga yang adil, permintaan dan penawaran serta etika berperilaku pasar, produksi barang yang menjelaskan terkait kebutuhan pokok yang harus ditanggung oleh negara apabila tidak ada yang memenuhi, barter dan evolusi uang yang menjelaskan terkait lemahnya sistem barter dikarenakan barang kurang memiliki angka penyebut yang sama, barang tidak dapat dibagi, dan keharusan adanya dua keinginan yang sama, selain itu adanya larangan menimbun uang, pemalsuan dan riba, serta peranan negara dan keuangan publik yang menjelaskan terkait perlunya peran negara dalam menjaga keadilan, kedamaian dan stabilitas untuk mendukung kemajuan ekonomi, badan peradilan dan pengawasan ekonomi untuk menyelesaikan sengketa dan kecurangan, selain itu juga konsep sumber pendapatan negara yang seharusnya berlandaskan kesejahteraan, utang publik dan pengeluaran publik.

Keywords

pemikiran ekonomi, al-ghazali

Full Text:

PDF

References

Ahmad., dan Syahri. (2006). Referensi Ekonomi Syariah. Bandung:P T. Remaja Rosdakarya.

Amanullah, Muhammad. (2018). The Economic Thought of Al-Ghazali: A Critical Analysis. Journal of Islamic Economics, Banking, and Finance (JIEBF). DOI: 10.12816.0043742

Hakim, Lukman. (2012). Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Surakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Izzan, Ahmad., Syahri Tanjung. (2006). Referensi Ekonomi Syariah. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Karim, Adiwarman Azwar. (2006). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Karim, Adiwarman Azwar. (2012). Ekonomi Mikro Islami. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Lukman, Hakim. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Surakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

M. Al-Ghazali, Syaikh. 2012. Al-Ghazali Menjawab 100 Soal Keislaman. Jakarta: Lentera Hati.

Mervyn, Sabina. (2011). Al-Ghazali's Theory of Property: An Ethical Perspective. Intellectual Discourse 19, No. 2: 181-199.

P3EI. (2008). Ekonomi Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sheikh, Mustapha. (2013). The Economic Philosophy of Al-Ghazali and Its Contemporary Relevance. Journal Islamic Studies. DOI: 10.2979/islamicstudies.52.1-2.121

Sudarsono, Heri. (2007). Konsep Ekonomi Islam. Yogyakarta: Ekonisia.

Sumadi, S. (2018). MEASURING THE CUSTOMER SATISFACTION OF ECONOMIC CAPITALIS THEORY. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2(02).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.