ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM AMBUDI MAKMUR DUA DI BANGKALAN

Abd Aziz, Abdur Rohman

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) mempunyai peranan yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan. Di tengah krisis ekonomi yang terjadi di negara kita beberapa tahun lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan terhenti aktivitasnya, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis. Namun terdapat juga kelemahan UMKM dalam mengakses informasi yang berhubungan langsung dengan kondisi dimana diduga faktor internal UMKM tersebut dibayangi oleh UMKM yang sebenarnya memiliki pangsa pasar yang cukup besar di dunia internasional, dan kurang dikenal. kepada konsumen. UMKM Ambudi Makmur Dua merupakan usaha pengolahan di Bangkalan. Tidak hanya di Bangkalan, UMKM juga terdapat di seluruh pelosok Indonesia. Tak terkecuali Kota Bangkalan yang memiliki ciri khas olahan buah salak. Permasalahan yang dihadapi UMKM Ambudi Makmur Dua kurang diketahui masyarakat karena kendala pemasaran dan keterbatasan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan alternatif bisnis UMKM Ambudi Makmur Dua dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan data nyata dari lapangan internal dan eksternal. Dari hasil analisis SWOT diperoleh 13 alternatif strategi: (1) Penggunaan teknologi modern untuk meningkatkan produksi (2) menjaga kualitas produk (3) mengembangkan usaha dengan menggunakan bantuan keuangan dari pemerintah (4) memberikan pelatihan kepada karyawan (5) Merekrut tenaga ahli (6) Akuntansi administrasi dan keuangan (7) Melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar (8) Meningkatkan promosi terutama melalui internet pada saat diadakan (9) Menawarkan produk kepada organisasi atau kelompok kerja (10) Meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan (11 ) Meningkatkan desain motif yang kreatif dan menarik (12) Meningkatkan modal dengan memberikan pinjaman kepada pemerintah melalui BUMN (13) Meningkatkan saluran distribusi.
Kata Kunci: Pengembangan Bisnis, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Edisi.V Revisi.Jakarta: PT. RinekaCipta

Bambang, Hariadi. 2005. Strategi Manajemen. Malang: Bayu Media

CaturE.RismiatiIg. BomdanSuratno. 2006. PemasaranBarangdanJasa, Yogyakarta; Kanisius.

David FR.2006. Manajemen Strategis. Sulistio P dan Mahardika H,penerjemah; Rahoy S,editor; Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Managemen t³ Conceptsand Cases,10t hed´.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Jauch, Lwrence R. dan Willian F. Glueck. 1999. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Alih Bahasa Muraddan AR. Henry Sitanggang. Jakarta: Erlangga.

KotlerP.1999 .Manajemen Pemasaran. Jilid II. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2005. Prinsip-prinsip pemasaran, Jakarta; Erlangga

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63-89.

Laksana, Fajar. 2008. ManajemenPemasaran .Yogyakarta: GrahaIlmu

Luntungan, Warren GA, and Hendra N. Tawas. "Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7.4 (2019).

Machfoedz, Mas’ud. 2006. Kewirausahaan: Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE Nazir M. 2005. Metode Penelitian. Cetakan Keenam. Bogor: Ghalia Indonesia

Marendra, I. G. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, dan promosi) terhadap keputusan pembelian konsumen di minimarket (Alfamart atau Indomaret). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 34-52

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26

Pearce JA, Robinson RB. 1997. Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Maulana A, penerjemah; Jilid Satu. Jakarta: Bina Rupa Aksara. Terjemahan dari: Strategic Managemen: Formulation, Implementation and Controlling.

Pustaka Utama. UU No. 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil danMenengah

Rangkuti F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. (2001). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Ulus, Algrina Agnes. "Bauran pemasaran pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.4 (2013).

Umar H.1999. Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Umar H. 2008. Strategic Managementin Action. Cetakan Kelima Jakarta: PT Gramedia

UU No. 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Skala Kecil

www.depkop.go.id. Data UMKM Tahun 2006-2011. Di akses pada tanggal 12 Januari 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.