ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PRODUK-PRODUK BMT MAKIN AMIN

Andina Luthfiyah Nur Rohman, Abdur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terbaik seperti apa yang digunakan dalam memasarkan produk-produk BMT Makin Amin terutama dalam media sosial dalam menyikapi beberapa masalah yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan metode observasi lapang dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan latar ilmiah untuk menafsirkan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya strategi pemasaran itu dipengaruhi oleh dua permasalahan yaitu faktor internal dan eksternal objek penelitian. Faktor- faktor eksternal meliputi eksistensi BMT, tingkat persaingan dengan kompetitor, minat masyarakat terhadap aktivitas wirausaha dan menabung daya menabung masyarakat yang rendah. Sedangkan faktor permasalahan internal yang menghambat strategi pemasaran agar efektif adalah tingkat kualitas SDM yang belum maksimal, upaya promosi yang kurang inovatif, dukungan sarana dana prasarana yang kurang memadai, dan belum menyesuaikan trend digitalisasi dalam lingkup pemasaran.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Pemasaran, Produk BMT

Full Text:

PDF

References


Adhimah, Wasilatul. (2020). Skripsi “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Arosbaya Perspektif Maqashid Syariah.” Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, N. (2017). Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Sistem Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Serambi Hukum, 11(01), 96–110.

Dzikrulloh. (2020). Jual Beli Dropshipping dalam Bisnis Online (Tinjauan. Majalah Ilmiah UNIKOM, 5(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/dinar.v1i2.2724

Flippo, Edwin B. (2005). Manajemen personalia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

GrahaNurdian.com. (2022). Data E-commerce Indonesia 2022 (2 Tahun Pandemi). Graha Nurdian. https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/

Hasibuan, H. Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Jasri, J., Said, S., & K, A. (2020). Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Etnis Tionghoa Menggunakan Jasa Bank Syariah. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i1.2915

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Jilid I. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2018). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Cetakan Ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marasabessy, Z. A., & Santoso, B. (2014). Pengaruh dukungan rekan kerja pada kreativitas karyawan dengan autonomi kerja dan efikasi-diri kreatif sebagai pemoderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 18(1), 32–44. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss1.art4

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Muri, Yusuf. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Nufian S Febriani dan AD, Wayan. (2018). Teori dan Praktis: Riset Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press

Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018

Putri Gunawan, C. E. (2017). Analisis Strategi Bisnis Pada Pt. Omega Internusa Sidoarjo. Agora, 5(1), 1–7. https://doi.org/5300/4883

Ruky, Ahmad. (2004). Sistem manajemen kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Suhendi, Hendi. (2009). Strategi Optimalisasi Peran BMT sebagai Penggerak Usaha Mikro, Makalah Seminar Sehari. Bandung : Forum Dekan FE PTN Seluruh Indonesia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, cet-23. Bandung: Alfabeta

Suryantara, I. M. P., & Syahmat, M. Z. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Program Kampung Sehat Dalam Rangka Menekan Penyebaran Covid-19 (Studi Pada Kelurahan Bintaro, Kota Mataram). 10(2), 125–131. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3183




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com