KEPUTUSAN MENGINAP DITINJAU DARI KOMPETENSI PEMASAR, FASILITAS DAN BRAND IMAGE (Studi pada Hotel Ramada Suites by Wyndham di Surakarta)

Authors

  • Ory Tri Oktaviady Universitas Islam Batik Surakarta
  • Istiatin Istiatin Universitas Islam Batik Surakarta
  • Eny Kustiyah Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan (bersamaan) maupun secara parsial variabel kompetensi pemasar, fasilitas dan brand image terhadap keputusan menginap pada Hotel Ramada Suites by Wyndham di Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi tamu yang menginap di Hotel Ramada Suites by Wyndham selama 3 bulan dari bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2021 sebanyak 4231 orang tamu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling dengan jumlah sampel 61 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik yaitu uji regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pemasar, fasilitas dan brand image secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan menginap pada Hotel Ramada Suites by Wyndham di Surakarta. Variabel bahwa kompetensi pemasar, fasilitas dan brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap sebesar 0,749 atau 74,9% sedangkan 25,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti, seperti harga, kualitas produk, lokasi dan lain-lain. Saran dari penelitian ini, Hotel Ramada Suites by Wyndham di Surakarta terus meningkatkan kompetensi pemasar, fasilitas dan brand image yang ada, sehingga akan membuat keputusan menginap dari konsumen juga akan semakin meningkat dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kata kunci : Keputusan Menginap, Kompetensi Pemasar, Fasilitas, Brand Image

References

Azis, M. D. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Kompetensi Tenaga Penjual Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Menggunakan Kembali Jasa Pada Pt. Mandala Multifinance Cabang Palu. E-Jurnal Katalogis, 2, 58–67.

Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345–354.

Dharmawan, R. H., & Kristianingsih, T. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis.

Fatchurohman. (2011). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Kudus Permata Slawi. Universitas Negeri Semarang.

HM, B., Effendi, R., & Susanto, B. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Bahagia Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. 6(2), 87–96.

Jumiati, Sudarwati, & Widayanti, R. (2020). Analisis Pengaruh Brand Image, Promosi, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Menginap Dihotel Sala View Solo. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.6599

LESTARI, P. (2015). Pengaruh Technical Sales Skill, Dan Non Technical Sales Skill Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Tenaga Penjualan PT. Orindo Alam Ayu Semarang). Universitas Negeri Semarang.

Lingga, R. U. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Amaris di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2), 116–133.

Muttaqin, I., & Dhewi, T. S. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Te rhadap Keputusan Menginap. 88–91.

Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mnineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214–221.

Ristiawan, D., & Farida, L. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu 150 CC Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Riau Jaya Cemerlang). JOM FISIP.

Sri Hartini. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Hotel Sakura Palangka Raya. Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 404–418.

Taan, H., Abdussamad, Z. K., & Palangka, I. (2020). Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. 2, 53–65.

Wahyudi, E., & Wibowo, I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah ( Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara KCP Cibubur ). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.217

Wulandari, D. F., Zaid, S., & Sinarwaty. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen (The Effect Of Marketing Mix on Consumer Decision). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi, 3(1), 30–39.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Oktaviady, O. T., Istiatin, I., & Kustiyah, E. (2021). KEPUTUSAN MENGINAP DITINJAU DARI KOMPETENSI PEMASAR, FASILITAS DAN BRAND IMAGE (Studi pada Hotel Ramada Suites by Wyndham di Surakarta). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02), 1466–1474. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2851

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>