KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK SEPEDA POLYGON DITINJAU DARI, GAYA HIDUP SEHAT, KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE (STUDI KASUS DI SURAKARTA)

Authors

  • Edy Parwanto Wasito Jati Progam Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Bambang Mursito Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Fithri Setya Marwarti Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4631

Abstract

Keputusan pembelian merupakan langkah atau tahap awal dalam menetukan pengambilan suatu keputusan dimana konsumen benar-benar melakukan pembelian. Beberapa yang menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya yaitu, gaya hidup sehat, kualitas produk dan brand image. Telah terjadi penigkatan penjulan sepada pada awal tahun 2020 hingga hampir pertengahan tahun 2021 yang disebabkan meningkatnya permintaan konsumen akan kebutuhan bersepeda dalam menyikapi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di masa Covid-19. Peningkatan tersebut memberikan dampak besar bagi perusahaan sepeda yang mana sangat antusias dan berlomba-lomba dalam memberikan kulaitas produk sepeda terbaiknya mengingat kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup sehat, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda merek polygon di Surakarta. penelitian ini menggukan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus dari Ferdinand. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang sebeleumnya telah melalui uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukan bahwa gaya hidup sehat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda merek polygon di Kota Surakarta. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda merek polygon di Kota Surakarta. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda merek polygon di Kota Surakarta. Hasil Koefisien determinasi menunjukan variabel gaya hidup sehat, kualitas produk dan brand image memiliki pengaruh sebesar 75% terhadap variabel keputusan pembelian sepeda merek polygon di Kota Surakarta. Kata kunci : Gaya Hidup Sehat, Kualitas Produk, Band Image, Keputusan Pembelian Abstract The purchase decision is the first step or stage in determining making a decision where consumers actually make a purchase. Some of the factors that influence purchasing decisions include a healthy lifestyle, product quality and brand image. There has been an increase in bicycle sales in early 2020 until almost mid 2021 due to increasing consumer demand for cycling needs in response to a clean and healthy lifestyle (PHBS) during the Covid-19 period. This increase has had a major impact on bicycle companies, which are very enthusiastic and competing in providing the best quality bicycle products considering the varied needs and desires of consumers. This study aims to determine a healthy lifestyle, product quality and brand image on purchasing decisions for polygon brand bicycles in Surakarta. This study uses a sample of 100 respondents using the formula from Ferdinand. The data analysis technique used multiple linear regression analysis which had previously been through the classical assumption test. The results of the t test show that a healthy lifestyle has a positive and significant effect on purchasing decisions for polygon brand bicycles in Surakarta City. Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions for polygon brand bicycles in Surakarta City. Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions for polygon brand bicycles in the city of Surakarta. The result of the coefficient of determination shows that the variables of a healthy lifestyle, product quality and brand image have an influence of 75% on the variable purchasing decisions of polygon brand bicycles in Surakarta City. Keywords: Healthy Lifestyle, Product Quality, Band Image, Purchase Decision

References

Adiwidjaja, A.J., dan Zeplin Jiwa Husada Tarigan. 2017. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora Volume 5 Nomor 3 Halaman 121-131.

Astuti, R., Isna Ardila dan Rodhitur Rahman Lubis. 2018. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi) Volume 2 Nomor 2 Halaman 204-219

Cahyani, I. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Sikap Konsumen Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Volume 3 Halaman 294-300.

Erlangga, H., Nurjaya., Denok Sunarsi., Mahnun Mas’adi dan Jasmani. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia Volume 1 Nomor 4 Halaman 464-172

Ermawati, A. 2018. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Produk United. Agora Volume 6 Nomor 2 Halaman 121-131.

Foster, B. 2016. Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis†(Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences Volume 2 pp. 1-11

Huda, N. 2020. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motorscuter Matic Yamaha Di Makasar. Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis IslamVolume 2 Nomor 1 Halaman 37-43.

Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA Volume 1 Nomor 3 Halaman 1251-1259.

Kotler, P.,and Keller, K. 2016.Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler., dan Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.

Muliasari, D. 2019. The Effect Of Product Price And Product Quality On Purchasing Decisions For Samsung Brand Handphones Among Stie Aas Surakarta Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) Volume 3 Nomor 4 pp. 501-506

Panjaitan, H., dan Feliks Anggia B.K. Panjaitan. 2020. Healthy Lifestyle Determines the Purchase of a Bicycle in Indonesia. International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Nomor 2 pp. 83-95

Peter and Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Sanjiwani, N. M. D., I Gst. A. Kt. Gd. Suasana. 2019. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Volume 8 Nomor 11 6721-6740

Solihin, D., Ahyani., dan Rahmad Setiawan. 2021. The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervomoening Variables. International Journal of Social Science and Business Volume 5 Number 2 pp. 262-270

Sugiyono. 2014.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syaifulloh, M., dan Sri Setyo Iriani. 2013. Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Interactive Marketing Terhadap Niat Beli Quaker Oats. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 4 Halaman 1165-1174.

Triyono, A., dan Dewi Noor Susanti. 2021. Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Volume 3 Nomor 2 Halaman 484-493.

Wahyuni, S., Mervianna Ginting. 2017. The Impact of Product Quality, Price and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. Journal of Business Management and Accounting Volume 1 Nomor 1 pp. 18-26

Walukow, A.L.P., Lisbeth Mananeke., dan Jantje Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA Volume 2 Nomor 3 Halaman 1737-1749.

Weenas, J.R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA Volume 1 Nomor 4 Halaman 607-618

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Wasito Jati, E. P., Mursito, B., & Marwarti, F. S. (2022). KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK SEPEDA POLYGON DITINJAU DARI, GAYA HIDUP SEHAT, KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE (STUDI KASUS DI SURAKARTA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 526–539. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4631

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>