KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KEMASAN, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN PADA WARUNG RAJA GONGSO DI SUMBER SURAKARTA

Authors

  • Juwita Balqis Nur Askita Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik
  • Istiqomah Istiqomah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik
  • Ratna Damayanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8393

Abstract

The purpose of this research is to find out how the purchasing decision of Warung Raja Gongso in Sumber Surakarta is influenced by packaging, product innovation, and service quality. This research uses quantitative techniques. Purposive sampling was used to select 1,000 customers who visited and made purchases at Warung Raja Gongso in the previous three months as the study population. Clasical assumptions (normality, multicollinearity, heteroscedasticity), multiple linear regression analysis, model feasibility test (F test), t test, and the coefficient of determination were used in the analysis of this research data using SPSS Statistics 25. According to research findings, packaging, product innovation, and service quality all significantly and favorably influence the purchasing decision to purchase the product. Keywords: Purchase Decision, Packaging, Product Innovation, and Service Quality

References

Evasari & Yani. (2021). Analisis Variasi Produk, Kemasan, dan Media Iklam Terhadap Keputusan Pembelian Kripik "NADASUKA". Jurnal Ilmu Manajemen, 1-9.

Ernawati. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 17-32.

Mavilinda & Herwin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin Pada Masa Pandemi Di Surakarta. e-Journal Apresiasi Ekonomi, 213-221.

Elvina Endah Puspa, W. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe Di Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 74-86.

Abadi., & Herwin. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik Di Jakarta. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1-8.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 . Badan Penerbit Universitas Islam Diponegoro.

Istiatin, & Sudarwati. (2021). metodologi penelitian. Surakarta: Commercial Printing.

Kotler, Philip, & Amstong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1 Ed). Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller. (2016). Marketing Manajemen. Pearson Education.

Kuspriyono. (2017). Manajemen Pemasaran (1st Ed). Pearson Education.

Maryam, S. (2019). Statistik INDUKTIF ( Keempat). UNIBA Press.

Mukhammad, T., & Suryono, B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Journal Of Management, 1-10.

Khabibi. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Santri. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-14.

Nur Lailatul, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Friday Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-23.

Pande Rantika, J., I Nengah, S., & Gede Yudhi, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali. Values, 373-385.

Saputra. (2020). Manajemen Pemasaran ( Kedua). BPFE.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wilianna, & Asron, S. (2020). Pengaruh Kemasan, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Pada PT Pacific Batam Perkasa. Jurnal Manajemen Bisnis, 1-10.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Nur Askita, J. B., Istiqomah, I., & Damayanti, R. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KEMASAN, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN PADA WARUNG RAJA GONGSO DI SUMBER SURAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8393

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>