PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI PERCEIVED VALUE DENGAN SWITCHING COSTS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Muh. Syaiful Saehu Politeknik Bina Husada Kendari, Indonesia
  • Suhendar Suhendar UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Bahtiar Efendi Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia
  • Ni Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati Universitas Mahendradatta, Indonesia
  • Ayi Maulana Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Bina Muda Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11333

Abstract

Era perkembangan zaman begitu kompleks dan semakin kuatnya dunia bisnis membuat setiap perusahaan harus mampu mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif melalui hubungan antara perceived value dan loyalitas pelanggan, dengan mempertimbangkan peran switching costs sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara perceived value dan loyalitas pelanggan, dengan mempertimbangkan peran switching costs sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 100 pelanggan dengan teknik pengumpul data dengan kuesioner melalui google form. Kuesioner yang digunakan sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang terkumpul di analisis dengan uji asumsi klsik dan uji regresi dan uji sobel dengan microsoft excel dan SPSS versi. 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perceived value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan 2) Switching Costs memoderasi pengaruh Perceived Value terhadap loyalitas pelanggan.

References

Arifin, N. (2010). Pergeseran Paradigma Pemasaran Global (Tinjauan Aspek Strategik). Mengembangkan Sikap Proaktif Terhadap Tuntutan Perubahan., 7(1), 93–102.

Bernarto, I. (2017). Pengaruh Perceived Value, Customer Satisfaction dan Trust terhadap Customer Loyalty Restoran XYZ di Tangerang. Jurnal Online Nasional Dan Internasional, 1(1), 36–49. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Chotimah, S., & Dian Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction Pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Ekonomi Bisnis, 24(1), 1. https://doi.org/10.17977/um042v24i1p1-11

Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.160

Fadilla, I., Wardana, B., Astutiningsih, E., Islam, U., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating) Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2626–2640.

Firmansyah, D., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120–128.

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912

Juliana, Aditi, B., Nagoya, R., Wisnalmawati, & Nurcholifah, I. (2022). Tourist visiting interests: The role of social media marketing and perceived value. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 469–476. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.007

Laksono, A. W., Priyatmoko, M. A., & Claretta, D. (2022). Sikap Ketidak percayaan Masyarakat Terhadap Layanan Ekspedisi di Shopee Kota Surabaya. Jurnal Socia Logica, 1(2), 1–15.

Luco, F. (2019). Switching costs and competition in retirement investment. American Economic Journal: Microeconomics, 11(2), 26–54. https://doi.org/10.1257/MIC.20160332

Lukiarti, M. M. (2013). Switching Cost Sebagai Variabel Moderating Pada Loyalitas Pelanggan Microsoft. 1–12.

Maghfiroh, L., & Iriani, S. S. (2021). Niat Beli Sepatu Merek Lokal oleh Generasi Muda: Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Perceived Quality, Perceived Price, dan Perceived Brand Image. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 617. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p617-633.

Nawarini, A. T. (2019). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pada Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1294

Prasetio, M. W., Sudarto, & Rehab. (2022). Perilaku Beralih Pelanggan Dalam Pembelian Produk Digital Melalui Aplikasi E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 24(1), 59–73.

Purba, E., Purba, B., Syafii, A., Khairad, F., Damanik, D., Siagian, V., Ginting, A. M., Pandapotan, S. H., Fitrianna, N., SN, A., & Ernanda, R. (2021). Metode Penelitian Ekonomi (Issue June).

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sulistiyowati, W. (2018). Kualitas layanan : Teori dan Aplikasinya.

Triadinda, D., Puspaningrum, A., & Hussein, A. S. (2018). Peranan Relational Benefits Dan Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust Dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2317

Yogaswara, G. N. O. P., & Pramudana, K. A. S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Warung Kopi Bhineka. E-Jurnal Manajemen, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Saehu, M. S., Suhendar, S., Efendi, B., Sucandrawati, N. L. K. A. S., & Maulana, A. (2023). PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI PERCEIVED VALUE DENGAN SWITCHING COSTS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11333

Issue

Section

Articles

Citation Check