PROBLEM EKONOMI KONVENSIONAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN

Penulis

  • Abdul Hafidz Zaid Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Witoto Witoto Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Amir Reza Kusuma Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Nirhamna Hanif Fadillah Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7511

Abstrak

Konsep ekonomi konvensional dengan system ekonomi kapitalis, sosialis, komunisme, dan fasisme telah lama berjalan di muka bumi. Pasang surut keberhasilan system tersebut menjadi taruhan keberhasilan dalam membangun perekonomian suatu negara bahkan dunia dalam mensejahterakan seluruh masyarakat dunia. Hal ini ternyata sangat berdampak pada dunia pendidikan. Untuk mengatasi dan mengconter dari dampak ekonomi pendidikan berbasis akhlak dan adab menjadi penting karena ia merupakan salah satu pilar utama kehidupan masyarakat sepanjang sejarah. Bangsa menjadi kokoh apabila ditopang dengan akhlak yang kokoh, dan sebaliknya, suatu bangsa akan runtuh ketika akhlaknya rusak. Hal ini juga berlaku pada umat Islam yang pernah mengalami masa kejayaan, dan salah satu faktor yang mendukung kejayaan Islam itu adalah akhlak mulia. Akhlak merupakan fondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan baik antara hamba dan Allah swt (hablun min allah), dan antar sesama (hablun min al-nas).

Referensi

Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as KamÄl Al-Awwal in the view of Ibnu SÄ«nÄ and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abuddin, N. (2004). Metodologi Studi Islam. Raja Grafindo Persada.

Adam Frank. (2011). From Sun Dials to Quantum Clocks, How the Cosmos Shapes Our Lives—And We Shape the Cosmos. Free Press.

Afadlal. (2005). Islam dan Radikalisme di Indonesia. LIPI Press.

Al- Maudūdī. (1990). The Islamic Law and Constitution, terj. Asep Hikmat, Hukum dan Konstitusi Sistem Politik Islam. Mizan.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Alfredo Saad. (2005). Neoliberalism: A Critical Reader. Pluto Press.

Atabik, S., Ghozali, M., & Kusuma, A. R. (t.t.). Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis). 8(3), 3317. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6800

Berger, P. L. (1998). The Desecularization of The World_ Resurgent Religion and World Politics. Ethics and Public Center Publishing Company.

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fahmy Zarkasyi, H. (2012). Misykat: Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam. INSISTS dan MIUMI.

Husaini, A. (2007). Mengapa Barat Menjadi Sekuler-Liberal. CIOS.

John W. Santrock. (2007). Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo. Kencana.

Kusuma, A. R. (t.t.). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. 15. https://doi.org/DOI: 10.15548/alqalb.v13i2.4386

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Manti, B. B., Husaini, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2016). Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 151. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v5i2.589

Muhammad Iqbal. (2009). The Reconstruction of Religious Thought in Islam. Dodo Press.

Muslih, M., Kusuma, A. R., Hadi, S., Rohman, A., & Syahidu, A. (2021). Statum Agama Dalam Sejarah Sains Islam dan Sains Modern. 6, 17. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1845

Muslih, M., Rahman, R. A., Kusuma, A. R., Rohman, A., & Suntoro, A. F. (2021). Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri. 6(2), 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfiv6i2.14028

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar al-Quran ‘An al-Mazaya wa al-Khasais Fi ‘Ālam al-Naml: DirÄsah ‘alÄ al-I’jÄz al-‘IlmÄ« fÄ« sÅ«rat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. Tsaqafah, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Zaid, A. H., Witoto, W., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2022). PROBLEM EKONOMI KONVENSIONAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7511

Citation Check